FGD Zonasi demi Optimalisasi Pengelolaan TN Kelimutu

Jumat, 01 November 2019

Ende, 31 Oktober 2019. Balai Taman Nasional (TN) Kelimutu mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) Review Zonasi dalam rangka Revisi Zonasi Taman Nasional Kelimutu yang bertempat di Aula Balai Taman Nasional Kelimutu (31/10/19). Dalam acara ini, dilakukan diskusi terkait hasil analisis review zonasi terkait pengelolaan terhadap Zonasi TN 2016. Beberapa poin penting yang menjadi diskusi dalam FGD ini adalah penambahan zona baru yaitu Zona Tradisional sebagai solusi konflik tenurial, penambahan areal Zona Rehabilitasi untuk wilayah yang terserang IAS serta Zona Pemanfaatan untuk jalur trekking, pengembangan wisata alam dan jasa lingkungan

Acara ini dihadiri oleh Bappeda Kab. Ende, KPH Wilayah Kab. Ende, Dinas Pariwisata Kab. Ende, Yayasan Tananua Flores, DMO Flores, Camat (Kelimutu, Detusoko, Ndona, Ndona Timur, Wolojita), Kepala Desa (Nduaria, Wologai Tengah, Saga, Roga, Sokoria), Mosalaki (Saga, Niowula, Nduaria, Wologai Tengah), Forum Adat Kelimutu, Kelompok Tani Rimbawan (Desa Nduaria), Kelompok SPKP Desa Wologai Tengah, Kelompok Masyarakat Saga, Kelompok Swadaya Wolomoni Desa Niowula, Koperasi Sokoria Daya Mandiri, Ketua Komunitas Adat Kelimutu, Universitas Flores, Pusat Studi Pariwisata Universitas Flores, KSBTU BTN Kelimutu, KSPTN 1 TN Kelimutu, KSPTN 2 Detusoko, dan Koordinator Resort (Kelimutu, Wolojita, Nduaria, Wologai, Niowula, Sokoria, Unit Pelayanan Wisata).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai TN Kelimutu dan dilanjutkan paparan yang dimoderatori oleh Kepala KPH wilayah Kab. Ende (Yos Dasi Muda) dengan narasumber Bappeda Kab. Ende (Aloysius M.O Dasa), Kepala Balai TN Kelimutu (Persada A. Sitepu) dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) 2 Wilayah Detusoko (Yohanes Berchmans Fua) selaku Ketua Tim Review Zonasi. Proses diskusi berjalan dengan lancar para peserta yang mengikuti FGD dengan antusias dan bersemangat, sehingga menghasilkan pembahasan yang cukup dalam dan seperti yang diharapkan. 

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatangan Berita Acara Hasil Kesepakatan bersama Review zonasi TN Kelimutu. Semoga kegiatan FGD dapat makin mengoptimalkan dalam pengelolaan TN Kelimutu.

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini