Status Mamalia di Taman Nasional Batang Gadis

Kamis, 31 Oktober 2019

Kamis, 31 Oktober 2019 - Di Taman Nasional Batang Gadis tercatat sebanyak 43 jenis mamalia yang menghuni kawasan berdasarkan data terkini yang berasal dari hasil laporan kegiatan yang berhubungan dengan kenekaragaman hayati khususnya mamalia yang dilakukan oleh petugas selama ini serta digabung dengan hasil data pengamatan yang pernah dilakukan oleh Conservation International (CI). Tercatat sebanyak 23 dari 43 jenis mamalia yang berada di Taman Nasional Batang Gadis tersebut masuk ke dalam daftar jenis yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MenLHK/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P20/MenLHK/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.


Dari 43 jenis mamalia tersebut, semuanya masuk kedalam daftar IUCN (International Union for Conservation of Nature) dengan status keterancaman yang bervariasi termasuk 2 jenis dengan status kritis (critical endangered) yaitu Harimau Sumatera dan Trenggiling

Sebanyak 24 jenis mamalia masuk kedalam Apendix CITES (The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) dengan kategori yang berbeda (Apendix I,II & III). Kategori dari CITES ini sendiri berisi daftar jenis yang perdagangannya perlu diawasi. Negara- negara anggota telah setuju untuk membatasi perdagangan dan menghentikan eksploitasi terhadap jenis yang terancam punah.

Untuk jenis mamalia dengan sebaran endemik tercatat sebanyak 5 jenis dimana status endemiknya tidak hanya endemik Indonesia melainkan juga endemik di Sumatera. Kelima jenis mamalia tersebut adalah:

  1. Harimau Sumatera
  2. Kambing Hutan
  3. Macan Dahan Sumatera
  4. Lutung Simpai
  5. Sigung Sumatera

 

Sumber: Zulfan (PEH) - Balai TN Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini