Balai KSDA Sumatera Barat Adakan Pelatihan Penggunaan Sumpit

Kamis, 31 Oktober 2019

        Padang, 30 oktober 2019 - Dalam rangka meningkatkan kapasitas personil dalam penanganan konflik antara manusia dan satwa liar, Balai KSDA Sumatera Barat selenggarakan Pelatihan Penggunaan Sumpit Dalam Rangka Immobilisasi Satwa Liar.
 
        Pelatihan yang diikuti oleh personil yang terdiri dari petugas resor, staf penanganan konflik satwa dan bakti rimbawan dengan jumlah peserta 30 (tiga puluh) orang. Pelatihan berlangsung selama 1 hari dengan materi pembuatan alat sumpit sederhana, penggunaan sumpit dan penanganan satwa dengan sumpit. Dalam pelatihan tersebut peserta dilatih untuk membuat alat sumpit dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh mengingat keterbatasan ketersediaan alat/senjata bius yang ada di Balai KSDA Sumatera Barat.
 
        Selanjutnya peserta juga dilatih teknik penggunaan dan penanganan satwa dengan sumpit dengan menggunakan sarana latih berupa papan target. Dalam amanatnya, Kepala Balai KSDA Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Subbag Tata Usaha, Wawan Sukawan, S.Hut menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting diadakan dan dilaksanakan mengingat keterbatasan ketersediaan tenaga medis/ paramedis selain itu juga diharapkan ketika terjadi konflik antara manusia dan satwa liar keterbatasan sarana alat untuk pembiusan dapat diatasi dengan cepat dan tepat.
 
 
 
Sumber: Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini