Balai TNBB “Kembali” menjadi Satker Terbaik dalam Pengelolaan Administrasi Pelaporan di Provinsi Bali.

Selasa, 15 Oktober 2019

Gilimanuk, 15 Oktober 2019.  Balai TNBB kembali mendapatkan aspresiasi terhadap kinerja dan hasil kerjanya. Kali ini Balai TNBB diganjar dengan piagam penghargaan atas PENYAMPAIAN LAPORAN PNBP SEMESTER I TAHUN 2019 SECARA TEPAT WAKTU oleh Ditjen Perbendaharaan Kanwil Provinsi Bali, Kementerian Keuangan RI.

Dalam acara ini, Tim Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali menyampaikan bahwa terdapat 54 satker yg masuk nominasi untuk dinilai oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali. Kemudian dilakukan pendalaman dan tersisa sebanyak 30 satker. Dengan parameter dan indikator sesuai kriteria penilaian maka terpilih 12 satker mitra Ditjen Perbendaharaan yang layak mendapat penghargaan. Balai TNBB merupakan satker dengan urutan pertama atau yang terbaik.

Kriteria penilaiannya adalah pelaporan semester 1 dengan tepat waktu dan tepat sasaran, serta adanya komunikasi satker dengan kanwil yang baik. Hal ini menunjukkan komitmen TNBB untuk melakukan pertanggungjawaban yang semakin baik dalam memenuhi kewajiban penyetoran penerimaan negara bukan pajak dan pengoptimalan pengelolaan keuangan negara.

Data tahun 2019, hingga bulan ini tercatat Balai TNBB telah berkontribusi terhadap penerimaan negara berupa penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp4.983.365.500 dari jumlah kunjungan wisatawan hingga bulan ini menunjukkan lebih dari 35.000 wisatawan yang berkunjung di TNBB dan belum termasuk wisatawan religi yang dikenakan tarif nol rupiah (Rp.0). Kedatangan jumlah wisatawan yang cukup tinggi ini untuk menikmati alam dan potensi keanekaragaman hayati berdampak positif secara langsung maupun tidak langsung bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di sekitar kawasan hutan antara lain, makin luasnya kesempatan usaha. lapangan usaha yang berkembang dalam menyediakan jasa maupun prasarana untuk wisatawan antara lain hotel, restoran, biro perjalanan, pramuwisata, tempat rekreasi, pengusaha transportasi, dll. Kebijakan pengelolaan wisata alam di TNBB akan terus dikembangkan dan ditingkatkan, sehingga akan menghasilkan pendapatan negara yang lebih dan bermanfaat secara optimal membangun kesejahteraan rakyat Indonesia pada umumnya. Lestari Alamku lestari Indonesiaku.

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini