Visit to School di SDN Sungai Kaki, Desa Di Sekitar TN Sebangau

Jumat, 12 Mei 2017

Palangka Raya (12/05/2017). Kegiatan Visit To School di SDN Sungai Kaki dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 11 Mei 2017 di Desa Sungai Kaki, Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan.  Kegiatan ini diisi dengan memberikan materi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) pada anak-anak Sekolah Dasar yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Sebangau bersama mitra kerja WWF-Indonesia Kalimantan Tengah. Fasilitas Pendidikan di Desa ini terbilang masih minim Karena hanya ada satu Sekolah Dasar, sehingga untuk melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi siswa harus bersekolah ke Kecamatan tetangga.

Dikarenakan kegiatan Visit To School bersamaan dengan ulangan di sekolah sehingga pada hari pertama  kegiatan mewarnai dilakukan di halaman sekolah pada waktu sore hari. Diikuti tidak kurang dari 40 anak kegiatan mewarnai dengan tema lingkungan berjalan dengan meriah dan penuh antusias dari peserta. Usai mewarnai, gambar ditempel di dinding kelas untuk dilakukan penilaian oleh guru bersama staf TN Sebangau dan WWF Kalteng dengan memilih dan menentukan gambar terbaik.

Pada hari kedua, meskipun hari libur anak-anak tetap bersemangat untuk mengikuti kegiatan PLH. Didampingi oleh Bapak dan Ibu Guru, anak kelas satu sampai dengan kelas enam mengikuti kegiatan di ruang kelas. Materi tentang hutan dan kehidupan disampaikan oleh staf Balai TN Sebangau, kemudian materi dengan pemutaran video tentang lingkungan dan pengelolaan sampah diberikan oleh staf WWF Kalteng serta mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan bermain. Disela materi dan permainan, anak-anak diberi kesempatan untuk tanya jawab sehingga kegiatan berjalan secara aktif. Siswa yang dapat menjawab pertanyaan ataupun yang bertanya diberi hadiah sebagai kenang-kenangan yaitu berupa buku mewarnai dan mug TN Sebangau serta merchandise dari WWF Kalteng. Sebelum kegiatan PLH ditutup, tim mengumumkan gambar terbaik dengan memilih 7 (tujuh) pemenang yang terdiri dari juara 1 (satu), 2 (dua) dan 3 (tiga) serta 4 (empat) juara harapan. Hadiah diberikan kepada para pemenang oleh perwakilan dari Bapak dan Ibu guru serta WWF Kalteng dan Balai TN Sebangau.

Desa Sungai Kaki merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan kawasan TN Sebangau, sehingga berbagai aktivitas seperti perambahan, illegal logging maupun perburuan merupakan ancaman terhadap kelestarian kawasan yang mungkin saja terjadi. Oleh sebab itu kegiatan PLH kepada anak-anak merupakan upaya penyadartahuan tentang lingkungan hidup sejak usia dini, dengan harapan dapat mengedukasi mereka  bagaimana pentingnya menjaga kelestarian hutan TN Sebangau untuk kehidupan di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Sumber : Susana, Desy Ruchyanti Balai TN Sebangau dan WWF Indonesia Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini