Partisipasi Balai TN Kutai Pada Pekan Raya Kutim Expo 2019

Senin, 14 Oktober 2019

Kutai Timur, 12 Oktober 2019 - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kutai Timur ke-20, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur kembali mengadakan event Pekan Raya Kutim Expo sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Kutai Timur ke-20 yang diselenggarakan pada 1-12 Oktober 2019. Pekan Raya Kutim Expo 2019 sendiri dilaksanakan selama 5 (lima) hari yaitu pada 8-12 Oktober 2019. Pada Pekan Raya Kutim Expo 2019 kembali Balai Taman Nasional Kutai turut berpartisipasi menjadi peserta pameran, dimana event ini merupakan ajang pameran terbesar di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan mendapat banyak perhatian dari berbagai kalangan masyarakat setempat. Sehingga ini juga moment yang tepat untuk mengenalkan dan mempromosikan Taman Nasional Kutai baik potensi wisata maupun potensi sumber daya alam lainnya sekaligus sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Kutai Timur.

Pada gelaran Kutim Expo 2019 ini stand Balai Taman Nassional Kutai mengambil tema goa yang dimaksudkan untuk mengenalkan kepada masyarakat Kutai Timur bahwa di Taman Nassional Kutai selain terdapat hutan juga terdapat landskap karst yang sangat penting keberadaannya karena kemampuannya dalam menyerap dan menyimpan air serta mempunyai banyak fungsi ekologis lainnya. Dan kawasan karst ini juga mempunyai potensi keindahan goa-goanya yang dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata. Keberadaan stand dengan tema goa ini sangat menarik perhatian pengunjung karena berbeda tampilannya dari stand lain dan menarik minat pengunjung untuk berfoto di dalamnya. Berdasarkan catatan pada hari keempat stand Balai Taman Nasional Kutai telah dikunjungi lebih dari seribu orang. Dan hampir sebagian besar pengunjung mengaku baru mengetahui keberadaan goa di kawasan Taman Nasional Kutai, karena pada umumnya masyarakat Kutai Timur mengetahui bahwa yang disebut sebagai Taman Nasional Kutai hanya identik dengan kawasan wisata alam Sangkima Jungle Park.

Dalam event Kutim Expo kali ini Balai Taman Nasional Kutai mendapatkan kesempatan untuk on air di radio RPD Kutim 994 FM dalam acara talk show di stand radio RPD Kutim. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk lebih mengenalkan dan mempromosikan Taman Nasional Kutai kepada masyarakat Kutai Timur dalam skala yang lebih luas. Dalam kegiatan ini Balai Taman Nasional Kutai berkesempatan menjelaskan mengenai kawasan Taman Nasional Kutai beserta potensi-potensinya termasuk obyek wisata apa saja yang ada di dalamnya, termasuk menjelaskan jika Taman Nasional Kutai bukan hanya Sangkima Jungle Park ataupun yang hanya berada di Jalan Poros Sangatta-Bontang sebagaimana yang banyak diketahui masyarakat umum. Hal lain yang dibahas juga adalah mengenai pemilihan tema stand, kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan terkait pengembangan Kutai Timur serta harapan-harapan dalam kebersamaan Balai Taman Nasional Kutai dan Kabupaten Kutai Timur.

Dalam kegiatan pameran ini selain menampilkan potensi-potensi yang ada di kawasan Taman Nasional Kutai, di stand pameran juga turut dipromosikan produk-produk dari kelompok masyarakat binaan Balai Taman Nasional Kutai di Desa Kandolo yaitu Kelompok Tani Nyiur Melambai yang memproduksi hasil dari aren genjah yang merupakan tumbuhan asli kawasan Taman Nasional Kutai berupa gula aren padat, gula semut dan serbuk minuman jahe merah gula aren. Kepada masyarakat yang berkunjung juga disediakan sampel gula semut sebagai salah satu souvenir yang dapat dibawa pulang.

  

Sumber: Balai TN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini