Da'i Konservasi, Kearifan Lokal Berbasis Nilai Islam Untuk Pengabdian Pada Masyarakat

Rabu, 09 Oktober 2019

Pekanbaru, 5 Oktober 2019 - Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim membina 15 orang Da'i dari beberapa desa di sekitar SM.Bukit Rimbang Bukit Baling yang tergabung dalam Forum Da'i Konservasi Rimbang Baling (Forkodas) pada tanggal 5 s.d 6 Oktober 2019. Kegiatan ini didukung oleh Balai Besar KSDA Riau dan WWF program Riau yang hingga saat ini terlibat aktif dalam pembinaan Forkodas yang merupakan komunitas perwakilan para Da'i di 2 Kecamatan di Kab. Kampar dan 2 Kecamatan di Kab. Kuantan Singingi.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas da'i dalam penyampaian dakwah yang lebih efektif kepada masyarakat, khususnya mengenai konservasi sehingga akan membantu menyadarkan masyarakat dalam menjaga alam dan keanekaragaman hayati nya termasuk satwa langka seperti Harimau Sumatera yang menjadi spesies kunci di Rimbang Baling.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau, Dr. Nurdin, MA. beserta tim Dr. M Badri, M.Si, Dewi Sukartik, M.Sc. dan Hayatullah Kurnadi, MA. memberikan pelatihan langsung kepada para Da'i yang sangat antusias dan aktif mengikuti diskusi serta rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Stasiun Lapangan Camp Subayang, Kampar Kiri Hulu.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar KSDA Riau, bapak Suharyono menyampaikan program perlindungan dan pelestarian kawasan SM Bukit Rimbang Rimbang Baling serta  memberikan dukungan untuk meningkatkan kepedulian dan kesejahteraan masyarakat.

 

Yuuk kita berkonservasi dengan hati nurani...

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini