900 Fragment Karang Ditanam Pada Pemulihan Ekosistem Di Pulau Bunaken

Senin, 07 Oktober 2019

Manado - Bertempat di Dermaga Alung Banua, Pulau Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan dilaksanakan kegiatan pemulihan ekosistem terumbu karang. Kegiatan yang diinisiasi oleh Balai Taman Nasional Bunaken dengan mengajak mitra yakni Pemerintah Kota Manado, Dive Center dan Resort, serta Masyarakat (5/10).

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si dengan didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Nikolas Loli, SP serta Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan terlibat langsung dalam penanaman karang di media rangka transplan.

"Sebanyak 900 fragment karang ditanam dengan menggunakan rangka laba-laba. Bibit fragment karang diperoleh dengan memanfaatkan patahan-patahan karang diperairan yang dinilai stabil dan mampu untuk tumbuh. Pendekatan pemulihan ekosistem karang ini menggunakan metode MARS (Mars Accelerated Coral Reef Restoration System) yakni transplantasi karang dengan penyediaan habitat terumbu yang didesain dan disusun menyerupai rangka laba-laba" kata Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Fariana Prabandari.

Media yang digunakan dalam pemulihan ekosistem karang di perairan Pulau Bunaken diletakan pada Zona Rehabilitasi di Tawara, serta sebagian diletakan di Alung Banua untuk pembanding pertumbuhan.

"Upaya pemulihan ekosistem terumbu karang menjadi komitmen para pihak dan stimulan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan dan kelestarian Taman Nasional Bunaken sebagai aset bangsa dan bagian integral dari alam tempat kita tinggal" ujar Fariana.

Sumber: Balai TN Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini