Jumat Bersih Menuju Kawasan TNBB Bebas Sampah

Jumat, 04 Oktober 2019

Gilimanuk, 4 Oktober 2019. Jumat bersih menjadi agenda rutin Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Semua pegawai di kantor Balai, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN), maupun resort melaksanakan kegiatan clean up di sekitar lokasi masing-masing. Clean up/bersih-bersih di kawasan TNBB juga melibatkan masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Sampah an- organik terangkut sampai 500 kg dari aksi yang dilaksanakan serentak ini. 

Meskipun rutin melaksanakan clean up, namun sampah tetap ada karena kepedulian para pengendara yang melintas terhadap kebersihan lingkungan sangatlah kurang. Ditambah dengan aksesibilitas yang terbuka, khususnya jalan Nasional Gilimanuk-Denpasar maupun Gilimanuk-Singaraja, sampah banyak berserakan karena aktivitas pelintas jalan tidak pernah habis.

Beberapa kali petugas Balai TN Bali Barat mendapati orang yang membuang sampah di kawasan TNBB dan langsung ditegur serta dimintai identitas agar kedepannya apabila masih membuang sampah di kawasan akan dikenakan sanksi. Upaya edukasi dengan papan himbauan maupun kampanye juga belum cukup ampuh.

Tidak ada kata menyerah. Ayo, peduli dengan kebersihan lingkungan! Jangan pernah membuang sampah sembarangan dan tegur apabila melihat orang lain membuang sampah sembarangan.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini