Bantuan Messin Huller Kupas Kopi Kepada Kelompok Tani Harapan Baru Desa Habincaran

Jumat, 04 Oktober 2019

Jumat, 4 Oktober 2019 - Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) mempunyai tugas penyelenggaraan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam melaksanakan tugas tersebut Balai Taman Nasional Batang Gadis melaksanakan fungsi  “pemberdayaan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan”. untuk terciptanya usaha ekonomi produktif di desa sekitar Taman Nasional maka dibutuhkan pengembangan usaha ekonomi kelompok masyarakat. Mewujudkan desa konservasi dengan pengembangan kopi berbasis konservasi. Hal ini merupakan peningkatan pengetahuan masyarakat di bidang komoditi kopi arabika dan meningkatkan pendapatan masyarakat dengan usaha ekonomi produktif yang terbarukan berbasis konservatif. Untuk peningkatan komoditi kopi desa Habincara khususnya kelompok Tani Harapan Baru, Balai TNBG memberikan bantuan mesin huller kopi kering dengan kapasitas 250 kg/jam sebanyak 2 (dua) unit.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Balai TNBG Bapak Ir.Sahdin Zunaidi, M.Si kepada Ketua kelompok Tani Harapan Baru. Kepala Balai menyampaikan “semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat desa penyangga khususnya Desa Habincaran dan mengharapkan untuk bersama-sama untuk menjaga kawasan hutan khususnya kawasan Taman Nasional Batang Gadis”. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balai TN Batang Gadis, Camat Ulu Pungkut yang diwakili oleh bapak sekcam, ketua dan anggota kelompok tani Harapan Baru.

Kelompok Tani Harapan Baru melalui ketua kelompok menyampaikan “ kami dari kelompok tani akan memanfaatkan bantuan mesin huller kopi kering dengan baik , dan berterimakasih kepada pihak TNBG sudah peduli dan membantu kami untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa Habincaran , semoga dengan bantuan ini bisa meningkatkan kualitas kopi dari desa ini, dan akan membuat kopi mandailing semakin jaya."

 

Sumber: Balai TN Batang Gadis

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini