Patroli SambilL Berwisata Ekstrim Ala Polhut TN Kayan Mentarang

Jumat, 04 Oktober 2019

Malinau, 4 Oktober 2019 – Patroli di kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang sejatinya merupakan monitoring dan pengamanan untuk menjaga kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang dari segala gangguan dan ancaman tindak pidana kehutanan. Tapi tahukah anda bahwa patroli di kawasan TN Kayan Mentarang seluas 1,27 juta hektar ini, layaknya menantang maut yang memacu adrenalin, dengan nilai wisata ekstrim yang sangat berbeda dari Taman Nasional lain yang ada di Indonesia saat ini ?

Perjalanan yang sulit dengan riam giram merupakan tantangan utama dalam setiap pelaksanaan kegiatan di kawasan. Terlebih bila kondisi kemarau panjang seperti saat ini, Riam giram semakin sulit ditaklukan. Seperti perjalanan Tim Patroli Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah III Long Ampung yang baru saja usai melaksanakan kegiatan Patroli di kawasan TN Kayan Mentarang Resort Long Nawang wilayah Sungai Kihan.

Untuk menuju Sungai Kihan sebagai target Patroli, tim harus melewati 2 sungai terlebih dahulu dengan waktu tempuh 2 hari menggunakan perahu/ketinting. Yakni Sungai Kayan saat memulai perjalanan dari Long Ampung Ke Data Dian pada hari pertama dan Sungai Iwan saat menempuh perjalanan dari Data Dian ke Sungai Kihan.

Tak jarang, tim patroli harus turun dari ketinting dan berjalan kaki untuk mendorong perahu mengarungi sisi sungai saat riam giram tak mungkin dilewati. Disepanjang perjalanan menunaikan tugas patroli, selain “Bermain” dengan riam giram yang beringas saat musim kemarau panjang, tim disuguhkan dengan hijaunya alam yang terbentang disepanjang perjalanan hingga pontensi keanekaragaman hayati yang tumbuh lestari di wilayah Sungai Kihan.

Dalam kegiatan patroli ini, tidak ditemukan adanya gangguan atau ancaman tindak pidana kehuatanan di kawasan Sungai Kihan dan sekitarnya. Sebaliknya banyak ditemukan bekas cakar Beruang dan bulu burung Kuau pada grid 3014 hingga Buah Rotan dan Burung Enggang pada grid 3013.

 

Sumber : Tim Patroli SPTN III Long Ampung - Balai TN Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini