WCS-IP : Training dan Survey Ekologi TN Taka Bonerate

Jumat, 04 Oktober 2019

Kepulauan Selayar, 4 Oktober 2019 - Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari kedepan, sejak kemarin (29/09) dilaksanakan giat "Training Ecological Survey and Ecological - Socioeconomic Monitoring Taka Bonerate" oleh mitra WCS-IP. Giat training ini sekaligus memberikan pembekalan untuk Tim Survey sebelum terjun ke lapangan melaksanakan monitoring ekologi dan sosial ekonomi TN.TBR. Bertempat di Sunari Resort dengan dihadiri oleh para pejabat Fungsional PEH Balai TN Taka Bonerate dan Tim Survey dari WCS.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi kondisi TN Taka Bonerate data awal tahun 2015 oleh Muhidin - Coral Reef Science Officer WCS.

"Tahun 2015 ada 46 titik monitoring yang WCS ambil, hasilnya ada 79 genera karang dari 19 family ikan, lumayan bagus untuk kekayaan biodiversitas di wilayah paparan Laut Flores, dan monitoring ini merupakan updating data tahun 2015" ucap Muhidin memaparkan materi.

Kemudian dilanjutkan dengan materi Pengantar Terumbu Karang, Ikan dan Ikan Terumbu Karang oleh Muhidin dan Sukmaraharja dari WCS. Setelah sesi tanya jawab juga dilakukan tes diakhir materi untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan.

Giat Hari Kedua "Training Ecological Survey and Ecological - Socioeconomic Monitoring Taka Bonerate National Park" Pemberian materi "Life Form dan Genus Karang" oleh Muhidin kemudian dilanjutkan dengan materi "Identifikasi Family Ikan Karang" oleh Sukmaraharja dari tim mitra WCS  Seperti halnya hari pertama, sebelum mengakhiri giat diadakan pre test untuk mengetahui sejauh mana penyerapan materi yg dipahami oleh peserta.

Giat Hari Ketiga atau terakhir dari "Training Ecological Survey and Ecological - Socioeconomic Monitoring Taka Bonerate National Park". Di hari terakhir ini adalah materi analisis data dan penyajian oleh Tim WCS. Diakhir acara dihadiri oleh kepala balai dan sekaligus menutup acara training ini. Kepala balai mengucapkan terima kasih kepada WCS-IP atas terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas dan pembekalan bagi SDM TN Taka Bonerate ini.

 

Sumber : Asri (PEH) - Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini