Balai KSDA Yogyakarta Ajak Pelajar Peduli Penyu di Wanagama Rally

Senin, 30 September 2019

Yogyakarta 29 September 2019, Balai KSDA Yogyakarta turut serta di event Wanagama Rally yang digelar selama 4 hari dari tanggal 26 - 29 September 2019 di Yogyakarta. Wanagama rally merupakan kegiatan rutin dua tahunan yang diagendakan oleh Mapala  Sylvagama UGM. Gelaran Wanagama Rally ke- XV tahun 2019 ini melibatkan 168 peserta yang merupakan pelajar di Indonesia dengan peserta paling jauh berasal dari Provinsi Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat.

Pada pelaksanaan Wanagama Rally hari ke 2, Balai KSDA Yogyakarta didapuk sebagai narasumber untuk menyampaikan materi terkait konservasi penyu. Momentum ini disambut baik oleh Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi. "Melalui Wanagama Rally ini kita bisa mengajak adik-adik generasi muda untuk lebih peduli lingkungan dan berperan langsung dalam kegiatan konservasi. Di Yogyakarta ini, mereka dapat melihat langsung aktivitas yang dilakukan oleh kelompok pelestari penyu Pantai Goa Cemara dalam upaya konservasi penyu. Di Pantai Goa Cemara ini juga terdapat Kader Konservasi binaan Balai KSDA Yogyakarta Subagya dan Yatiman." tutur M. Wahyudi saat menyampaikan materi di Pantai Goa Cemara pada hari Jum’at (27/9/19).

Lebih lanjut M.Wahyudi menyampaikan bahwa konservasi penyu ini memerlukan kerjasama dan peran serta para pihak. "Dalam konservasi penyu ini, semakin banyak pihak yang peduli, akan berdampak semakin berkurangnya perburuan telur penyu sehingga kedepan kelestarian penyu dapat terus terjaga. Di DIY Terdapat dua jenis penyu yang mendarat di Pantai Selatan Bantul-Kulonprogo yaitu Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) dan Penyu Hijau (Chelonia mydas). Di Pantai Goa Cemara, pada tahun 2011 dijumpai 10 titik sarang telur penyu sedangkan di tahun 2015 hanya dijumpai 3 titik sarang telur penyu.  Hal ini menunjukkan adanya gangguan terhadap penyu tersebut. Oleh karenanya kita himbau kepada semua masyarakat untuk dapat kembali menjadikan pesisir Pantai Selatan sebagai salah satu tempat pendaratan penyu bertelur di DIY." jelas M. Wahyudi.

 

Sumber : Dyahning R. (PEH - Balai KSDA Yogyakarta)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini