Serah Terima Bibit Desa Hutan Lombang SPTN ilayah III Muarasoma, Desa Penyangga TNBG untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Senin, 30 September 2019

Mandailing Natal, 27 September 2019. Keberadaan masyarakat desa penyangga Taman Nasional Batang Gadis mempunyai peran strategis yaitu untuk mengamankan dan atau melindungi kawasan taman nasional dari berbagai bentuk ancaman. Peran strategis tersebut tidak akan dapat diimplementasikan apabila sumberdaya manusia masyarakat desa penyangga dalam posisi tawar yang lemah, artinya dimana ekonomi masyarakatnya masih prasejahtera. Sehingga tidaklah heran apabila yang semestinya masyarakat menjadi pelaku utama dalam pengelolaan kawasan justru berbalik menjadi oknum pelaku pengrusakan atau perambah kawasan hutan. Paradigma pengelolaan kawasan saat ini “Masyarakat Sejahtera Hutan Lestari” mengharuskan pengelola kawasan hutan untuk memberdayakan masyarakat desa-desa penyangga melalui pemberian akses kelola sebagian kawasan hutan dan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia terkait usaha-usaha peningkatan ekonomi disektor pertanian, perkebunan, perikanan dan campuran.

Dalam hal ini Balai TN Batang Gadis melaksanakan acara serah terima bibit dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk  peningkatan ekonomi masyarat desa penyangga TNBG di desa Huta Lombang Kec. Puncak Sorik Marapi . Acara serah terima bibit ini dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Huta Lombang  berupa Durian : 250 batang, dan Petai : 100 batang. Kegiatan ini dihadiri Bapak kepala Balai TNBG,Kepala Seksi SPTN Wilayah III Muarasoma beserta personil SPTN Wilayah III Muarasoma’  Camat Puncak Sorik Marapi, Kepala Desa Huta Lombang, Tokoh masyarakat Huta Lombang, Tokoh Agama, dan Ketua Kelompok Bonca Jaya beserta anggota. Kepala Desa Huta Lombang Bapak Ashar menyampaikan ucapan terimakasih mewakili kelompk dan masyarakat Huta Lombang atas perhatian dan bantuan Balai TNBG, "Kami siap mendukung program TNBG dalam menyelaraskan pembangunan dengan upaya pelestarian kawasan. Serta meminta kepada masyarakat agar bantuan yang diterima di tanam dan dirawat sebaik-baiknya sehingga tujuan peningkatan ekonomi masyarakat tercapai” ucap pak Ashar. Dalam sambutan nya bapak Camat Puncak Sorik Marapi menyampaikan pemerintah hadir di masyarakat bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Semua instansi haru saling bersinergi agar masyarakat sejahtera, alam terjaga.

Dalam arahannya Bapak Ir. Sahdin Zunaidi. M. Si selaku Kepala Balai TN Batang Gadis menyampaikan bahwa pemberdayaan masyarakat sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Huta Lombang merupakan  bentuk kepedulian dan upaya Taman Nasional Batang Gadis agar masyarakat sejahtera dan juga melestarikan kawasan. Nilai kawasan hutan bukan hanya kayu tetapi juga madu, rotan, tumbuhan obat, satwa dan juga berbagai jenis tumbuhan lainnya menjadi harta yang tak ternilai harganya. Kawasan TNBG juga menjadi hulu sungai dan daerah tangkapan air yang berfungsi untuk menjaga dan mengatur ketersediaan air tanah dan sungai. Acara ini ditutup dengan penyerahan bantuan bibit  oleh Bapak Kepala Balai TNBG (Ir. Sahdin Zunaidi. M. Si) kepada kelompok masyarakat Bonca  Jaya diwakili oleh Bapak Camat Puncak Sorik Marapi.

Sumber: Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini