Peningkatan Kapasitas Kelompok Penyetaraan Gender di Desa Sekitar TN Matalawa

Senin, 30 September 2019

Waingapu. 26 September 2019. Peningkatan peran perempuan Sumba dalam peningkatan perekonomian masyarakat menjadi target besar kegiatan Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa). Berbagai kegiatan pun dilakukan guna menyetarakan peran perempuan Sumba di lingkungannya.

Salah satunya adalah kegiatan yang baru saja selesai dilakukan yaitu Pelatihan Perbanyakan Bibit  dan Pengolahan Pasca Panen Itik Petelur, 30 orang perempuan dari Desa Padiratana yang disebut Rambu Langgaliru menerima pelatihan selama 2 hari yang diberikan oleh tenaga ahli dan para Penyuluh Kehutanan. Pelatihan ini diselenggarakan sebagai sebagai upaya percepatan dalam rangka mendorong peningkatan populasi itik yang ada di Desa Padiratana.

Kepala Balai TN Matalawa meyebutkan dengan adanya pelatihan ini diharapakan kelompok Rambu Langgaliru mampu membuka wawasan terhadap upaya perbanyakan dan produksi turunan baik telur maupun itik nya, sehingga mampu memberikan kemandirian dan peningkatan ekonomi rumah tangga kelompok Rambu Langgaliru itu sendiri. Selain pemberian materi di kelas, kelompok juga diberikan materi praktek yaitu pengolahan pakan, pemberian pakan, pembuatan kandang, pengendalian hama dan penyakit itik, serta pembuatan dan penggunaan mesin penetas, pembuatan dan pengemasan telur asin, dan pemasarannya. (akn)

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini