Giat PSKL di Taman Nasional Taka Bonerate

Kamis, 26 September 2019

Kepulauan Selayar, 26 September 2019 - Hari ini (25/09) berlangsung Sosialisasi, Fasilitasi dan Sinkronisasi Kemitraan Kehutanan oleh tim Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Balai TN Taka Bonerate (TNTBR). Bertempat di ruang rapat Balai TNTBR giat ini dibuka oleh Kepala Balai yang dihadiri oleh para Pejabat Struktural, Koordinator Fungsional, Koordinator Pokja, Pejabat Fungsional serta perwakilan Kelompok Nelayan yang sudah ber-PKS Kemitraan Konservasi dengan Balai TNTBR.

"Di TN Taka Bonerate sudah 8 Kelompok Nelayan yang sudah melakukan PKS dengan kami dan beberapa hari lalu sudah dilaksanakan penandatanganan" jelas Kepala Balai.

Prinsip dari Kemitraan Konservasi ini adalah saling menghargai, saling percaya dan saling menguntungkan. Dalam giat ini dibawakan materi oleh Kasubdit Penyiapan Kemitraan Konservasi Joakim Sagala "Kemitraan Konservasi Kehutanan"

"Status PKS Kemitraan Konservasi Kehutanan ini akan ditingkatkan ketingkat menteri, dirjen @pskl_klhk dan dirjen @konservasi_ksdae sudah sepakat tentang hal ini" ucap Joakim Sagala

Ada tiga ruang lingkup dalam Kemitraan Konservasi ini, yaitu : kemitraan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, Kemitraan Konservasi dalam rangka Pemulihan Ekosistem dan Pembinaan, Pengendalian Monitoring dan evaluasi. Kemudian bentuk Kemitraan Konservasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat setempat berupa pemberian akses serta kerjasama antara pemegang izin pada kawasan konservasi dengan masyarakat setempat.

Inti dari kemitraan ini adalah tercapainya kelestarian sumberdaya alam dan kesejahteraan masyarakat serta keikutsertaan masyarakat secara langsung dalam pengelolaan TN Taka Bonerate. Di akhir sosialiasi dibuka sesi tanya jawab dengan peserta sosialisasi.

Sumber : Asri (PEH Penyelia) - Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini