Black Bat Flower di Kawasan Hutan TN Batang Gadis

Kamis, 26 September 2019

Kamis, 26 September 2019 - Ahmad Yani, calon Polisi Hutan (Polhut) Balai Taman Nasional Batang Gadis menemukan jenis bunga Kalelawar Hitam (Black Bat Flower) di kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis di SPTN wilayah II Kotanopan saat melaksanakan kegiatan patroli rutin .

Menurut Wikipedia, Bunga Kalelawar Hitam (Black Bat Flower) memiliki nama latin Tacca chantrieri dari keluarga Dioscoreaceae yang merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang tersebar mulai dari Thailand, Semenanjung Malaysia hingga Sumatera Indonesia. Tanaman ini memiliki dua brachtea yang menyerupai bunga yang berbentuk seperti kelelawar hitam hingga 12 inci, dan panjang "kumis" yang dapat  tumbuh hingga 28 inci. Pada umumnya bunga ini hidup di tempat yang teduh dan cenderung lembab sehingga tidak memerlukan sinar matahari langsung.

Hanya ada dua species dari genus Tacca ini di dunia yaitu Tacca chantrieri dan Tacca Integrifolia. Bunga ini telah lama dibudidayakan diluar negeri sebagai tanaman hias koleksi kolektor tanaman tropis dunia, di Indonesia sendiri tanaman ini belum terlalu populer.

 

Sumber: Balai TN Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini