Membangun Bersama Pariwisata Indonesia

Kamis, 26 September 2019

Jakarta, 26 September 2019 - Indonesia Sustainable Tourism Award Festival 2019 (ISTAFest 2019) merupakan selebrasi pariwisata berkelanjutan di Indonesia yang betujuan untuk mensosialisasikan pemahaman pariwisata berkelanjutan dan mempromosikan destinasi pariwisata yang sudah menerapkan pariwisata berkelanjutan sesuai Peraturan Menteri Pariwisata No. 14 Tahun 2016 mengenai “Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan”. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata di Hotel Ritz Carlton - Pacific Place, Jakarta.

Peserta ISTAFest tersebut antara lain PENTAHELIX Pemerintah Pusat dan Daerah, Pelaku Industri Pariwisata, Mitra Kementerian Pariwisata (UNWTO, Green Destinations, World Bank, SECO, Uni-Eropa), Mitra Cobranding Kementerian Pariwisata, Akademisi, Komunitas Masyarakat, Media.

Pada salah satu rangkaian acara, ada juga Indonesia Sustainable Tourism Mart (ISTAmart) yaitu event yang berguna sebagai wadah promosi dan pemasaran destinasi-destinasi pariwisata yang telah mengimplementasikan konsep pariwisata berkelanjutan. Transaksi dalam ISTAMart dapat berupa business-to-business (B2B) dan/atau business-to-consumer (B2C).

 

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK), Asep Sugiharta menyampaikan bahwa pilar utama dalam pembangunan pariwisata berkelanjutan yaitu Pemanfaatan sumber daya alam/lingkungan secara bijaksana untuk pariwisata alam tanpa mengganggu keberlanjutan sumber daya alam utama seperti air, udara, tanah, kehati, pusaka budaya dan alam sehingga dapat terus menerus menopang dan meningkatkan kehidupan sosial ekonomi generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Sumber: Setditjen KSDAE

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini