Peningkatan Mutu dan Pemasaran Produksi UMKM Masyarakat Desa Penyangga TN Kelimutu

Rabu, 25 September 2019

Ende, 25 September 2019. Balai Taman Nasional Kelimutu mengadakan kegiatan Sosialisasi dalam upaya Peningkatan Mutu dan Pemasaran Produksi UMKM Masyarakat Desa Penyangga, Selasa (24/9) di Aula Balai TN Kelimutu. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa kelompok mitra dari desa penyangga TN Kelimutu dengan produksi Kopi Sokoria dari Koperasi Mitra Kopi Sokoria, Kopi dari Masyarakat Adat Saga, Kopi dari Kelompok Masyarakat Ekoleta Wologai, Kopi Detusoko dari Kelompok RMC, Kopi Exotic dari Wolowaru dan Kopi Kelimutu Manukako. Selain itu ada juga produk pupuk cair dan pestisida organik dari Kelompok Tani Rimbawan Nduaria, produk madu dari Kelompok Kelamenta, produk kripik dari Desa Wologai dan Desa Ndito.

Acara ini dibuka oleh Kepala Balai TN Kelimutu dengan pemateri terdiri dari Kepala Badan Pom/Loka POM Ende yang memberi materi mengenai Kualitas dan Kelayakan Produk, Tata Perijinan dan Pemasaran Produk oleh Kabid Dinas Perdagangan dan Industri Ende dan Prospek Bantuan Pembiayaan UMKM dari Bank NTT cabang Ende.

Para peserta mengikuti acara ini dengan antusias dan bersemangat dengan baik dalam diskusi dengan narasumber ataupun antar para peserta sendiri atau dengan petugas pendamping dari resort wilayah, seksi wilayah maupun balai dalam bertukar pikiran yang saling bersinergi untuk mengembangkan produk UMKM yang dipandu oleh KasubTU TN Kelimutu.

Pada kegiatan ini juga disepakati beberapa hal terkait branding bersama Kopi Kelimutu dan kelompok koordinasi mitra produk kuliner TN Kelimutu, serta kesepakatan kelanjutan acara ini pada tanggal 1 Oktober 2019.

Semoga produk dari mitra desa penyangga TN Kelimutu akan terus meningkat baik dalam kualitas maupun pemasaran untuk mendukung wisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini