Bencana Karhutla di Pulau Sumba

Selasa, 24 September 2019

Waingapu, 23 September 2019. Kejadian kebakaran hutan dan lahan yang menghebohkan beberapa hari terakhir ini seperti terjadi di daratan Sumatera dan Kalimantan, juga terjadi di Pulau Sumba. Sudah lebih dari seminggu tim pengendalian kebakaran hutan dan lahan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) berjibaku memadamkan api yang berkobar.

Tim ini juga memperoleh bantuan dari berbagai pihak, diantaranya adalah personil TNI Angkatan Darat dari Kodim 1601 Sumba Timur, dinas terkait dari Kabupaten Sumba Timur, yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum, serta masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api binaan TN Matalawa. Dengan anggota lebih dari 30 orang, tim ini menyisir dan berusaha memadamkan lokasi titik api yang tersebar di beberapa titik.

Dalam kesempatannya ketika meninjau lokasi pemadaman, Komandan Kodim 1601 Sumba Timur, Letkol Inf. Johan A.P. Marpaung, S.Ip cukup terkejut ketika ditunjukkan foto udara kebakaran hutan yang sedang berlangsung. Bersama Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, Dandim juga langsung ikut masuk ke lokasi titik api untuk membantu proses pemadaman.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini