World Clean Up Day 2019 Taman Wisata Alam di NTB

Selasa, 24 September 2019

Mataram, 21 September 2019 - Peringatan World Clean Up Day 2019, sesuai arahan Kepala Balai kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, II dan III Balai KSDA Nusa Tenggara Barat (BKSDA NTB) untuk melaksanakan aksi Clean Up di masing-masing Taman Wisata Alam (TWA).

SKW I Lombok melaksanakan kegiatan clean up di TWA Kerandangan, TWA Suranadi dan TWA Gunung Tunak. Di TWA Kerandangan clean up difokuskan di area gerbang masuk dan jalan trail bersama masyarakat dan berhasil mengumpulkan sekitar 20 kg sampah. Dan untuk TWA Gunung Tunak dipusatkan pada area sekitar Camping Ground dan Sanctuary Rusa dan terkumpul 6 karung sampah atau 15 kg yang terdiri dari sampah plastik dan organik seperti daun dan kayu kering. Sementara di TWA Suranadi pada gorong-gorong saluran air dan pagar batas kawasan dan terkumpul sekitar 90 kg sampah plastik. Kegiatan diikuti PEH, Polhut dan Staf lapangan.

Sementara SKW II Sumbawa melaksanakan kegiatan di TWAL Pulau Moyo yang dimana terkumpul sampah plastik, botol, kaleng dan sampah organik sebanyak 5 karung dari area pantai disekitar pos dan gerbang masuk.

Dan terakhir di SKW III Bima kegiatan dilaksanakan di TWA Madapangga. Sebagai Taman Wisata Alam yang dibelah oleh jalan antar provinsi Dompu-Bima, kegiatan clean up diutamakan di area sekitar pos dan sepanjang jalan batas kawasan. Bersama POLHUT, Staf lapangan dan MMP tim berhasil mengumpulkan sebanyak kurang lebih 20 karung sampah plastik dan organik.

Sebagai informasi, World Clean Up Day merupakan aksi sosial global yang bertujuan untuk mengatasi permasalah sampah. Yang menarik, WCD (World Clean Up Day) merupakan event besar yang dilakukan serentak di 157 negara. Beberapa negara yang berpartisipasi antara lain Amerika Serikat, Meksiko, Inggris, Rusia, China, Pakistan, dan masih banyak lagi. Indonesia tentu tak ketinggalan berkontribusi dalam event penting ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah sampah plastik yang menjadi isu internasional. 

Sumber : Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini