Lagi, Balai KSDA Yogyakarta Terima Penyerahan Satwa dari Masyarakat

Selasa, 24 September 2019

Yogyakarta 21 September 2019, Balai KSDA Yogyakarta kembali menerima penyerahan satwa liar dari masyarakat hari Jum’at (20/9/19). Satwa diserahkan oleh pemiliknya Setyo Hartono, SE, warga Ngemplak, Sleman.

Dilatarbelakangi ketidaktahuan cara pemanfaatan satwa liar dilindungi sesuai peraturan yang berlaku, selama ini satwa liar tersebut dipelihara sebagai bagian dari keluarganya. Setelah mendapat informasi dari salah satu anggota Polda DIY, pemilik satwa selanjutnya dengan penuh kesadaran dan kerelaan menyerahkan satwa liar dilindungi tersebut ke Polda DIY.

Pihak Polda DIY selanjutnya memberi arahan agar satwa diserahkan ke Balai KSDA Yogyakarta. Adanya hubungan yang baik antara Polda DIY dengan Balai KSDA Yogyakarta, sehingga pada saat penyerahan satwa turut didampingi oleh anggota Ditreskrimsus Polda DIY.  Satwa yang diserahkan meliputi : 1 (satu) ekor Elang Bondol (Haliastur indus); 1 (satu) ekor Nuri Merah Kepala Hitam (Lorius lorry); dan 3 (tiga) ekor Landak Jawa (Hystrix javanica). Satwa tersebut diserahkan langsung oleh pemiliknya kepada Balai KSDA Yogyakarta yang diterima langsung oleh Kepala Balai KSDA Yogyakarta.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyambut positif penyerahan satwa dari masyarakat ini. “Kami mengucapkan terimakasih atas kesadaran dan kerelaannya bersedia menyerahkan satwa liar dilindungi ini. Kami juga akan mendorong agar sosialisasi terkait peredaran dan pemanfaatan TSL di wilayah DIY dapat terus ditingkatkan sehingga semakin banyak masyarakat yang mengerti dan memahami peraturan perundangan terkait pemanfaatan TSL ini. Karena menyayangi dan peduli satwa bukan berarti dilakukan dengan memeliharanya. Membiarkan satwa bebeas di alam tidak diganggu dan tidak diburu juga termasuk wujud kepedulian kita terhadap kelestarian satwa liar.” tuturnya.

Rencana selanjutnya Nuri Merah Kepala Hitam dan Elang Bondol dititpkan ke LK Gembira Loka Zoo, sementara Landak Jawa akan dibawa ke Stasiun Flora Fauna Bunder untuk penanganan selanjutnya.

Sumber : Dyahning R (PEH Balai KSDA Yogyakarta)

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini