Mengenal Sistem DDC di Perpustakaan Balai TN Kelimutu

Senin, 23 September 2019

Ende, 23 September 2019. Balai Taman Nasional (TN) Kelimutu memiliki tiga buah perpustakaan yang sudah menggunakan sistem perpustakaan. Sistem perpustakaan yang diterapkan oleh Balai Taman Nasional Kelimutu yaitu System Dewey Decimal Classifacation (DDC) yang sudah dimanfaatkan oleh staf Balai, Mitra Balai TN Kelimutu, serta Pelajar/Mahasiswa praktek lapangan dan Penelitian di TN Kelimutu.

System DDC berfungsi untuk pengelompokkan/pengklasifikasian buku berdasarkan subjek, yang sangat mempermudah seseorang dalam mencari buku/katalog yang dihendaki. Sebelum menggunakan system DDC memang sedikit kesulitan dalam mencari buku yang dihendaki, khususnya perpustakaan di Balai yang lebih lengkap sumber informasi buku. Kini setelah menerapkan program DDC, staf, Mitra maupun Pelajar/Mahasiswa lebih mudah mencari buku/katalog yang dihendaki.

Sistem DDC ini masih diterapkan di perpustakaan Balai yang direncanakan akan diterapkan juga pada perpustakaan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) 1 Moni dan Pondok baca resort Wologai Tengah (SPTN 2 Detusoko). Selain sudah menerapkan system DDC, Perpustakaan Balai TN Kelimutu juga didukung dengan tersedianya WIFI untuk mendukung dan melancarkan dalam pengaksesan informasi yang dihendaki. Sementara ini Balai TN Kelimutu baru menyediakan WIFI di perpustakaan Balai dan SPTN 1 Moni dan direncanakan pemasangan WIFI pada perpustakaan/Pondok Baca Resort Wologai Tengah (SPTN 2 Detusoko).

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini