Peringati World Cleanup Day 2019, Saka Wanabakti Kapuas Hulu Bersihkan Sampah di Sungai Kapuas

Senin, 23 September 2019

Putussibau, 22 September 2019. Memilih lokasi di Pantai Pala Pulau, Kec. Putussibau Utara Kab. Kapuas Hulu, Satuan Karya (Saka) Pramuka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu di bawah binaan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) melakukan aksi peduli lingkungan dalam rangka memperingati World Cleanup Day (Hari Bersih-bersih Sedunia) 2019. Kegiatan ini diikuti sedikitnya 60 anggota Saka Pramuka Wanabakti dari berbagai ranting di Kab. Kapuas Hulu.

Dipimpin langsung oleh Wakil Pimpinan dan Pamong Saka, aksi dimulai pada pukul 15.00 WIB dengan menyusuri tepian Sungai Kapuas yang sedang berada dalam kondisi surut akibat kemarau. Pantai (tepian sungai untuk istilah lokal) ini dipilih karena biasa dijadikan tempat berkumpul warga untuk menikmati pemandangan sore hari sambil berenang dan mencari ikan. Tak jarang ditemukan pedagang di tengah sungai (yang surut) saat akhir pekan tiba. Kesadaran yang kurang dari pengunjung dan pedagang seringkali meninggalkan sampah plastik berserakan.

Peserta aksi secara serentak memungut sampah di tepian dan sekitar sungai dan mengumpulkannya ke dalam karung yang telah disediakan. Aksi bersih-bersih diakhiri pada pukul 17.00 WIB dengan sedikitnya terkumpul 10 karung sampah dengan bobot total sampah sekitar 200 Kg.

Aksi bersih-bersih sampah ini merupakan agenda rutin tahunan Saka Pramuka Wanabakti Kapuas Hulu. "Tahun lalu kita laksanakan aksi yang sama di Desa Nanga Leboyan yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum", ujar Kak Mustar selaku Pamong Saka Wanabakti Kapuas Hulu. Sementara itu Ketua Majelis Pembimbing Saka Wanabakti Kapuas Hulu, Ir. Arief Mahmud, M.Si. yang dihubungi terpisah menyampaikan bahwa World Cleanup Day merupakan aksi serentak yang diikuti seluruh negara dalam rangka mengatasi permasalahan limbah/sampah padat. "Mudah-mudahan aksi yang penting bagi lingkungan dan peningkatan kesadaran masyarakat ini dapat terus terlaksana di tahun berikutnya", ungkap Kak Arief.

Mau tahu aksi peduli lingkungan Saka Pramuka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu selanjutnya? Kita tunggu di World Cleanup Day 2020, yang akan jatuh pada tanggal 19 September 2020. Salam Saka Wanabakti, Lestari!

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini