Berlangsung Dramatis, Penyelamatan Orangutan di Lokasi Karhutla

Senin, 23 September 2019

Pangkalan Bun, 20 September 2019. Tim Wildlife Rescue Unit SKW II BKSDA Kalimantan Tengah  bersama dengan Orangutan Foundation International (OFI) telah berhasil melakukan Rescue 1 individu Orangutan di Kelurahan Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, pada hari Kamis Tanggal 19 September 2019.

Orangutan jantan seberat 80 Kg tersebut di selamatkan di hutan yang tersisa dari sisa kebakaran hutan dan lahan milik warga di KM 15, Pangkalan Bun. Tampak abu sisa kebakaran dan bau asap menyertai proses penyelamatan orangutan yang diperkirakan berumur 30 tahun tersebut. Lokasi yang didominasi gambut bekas terbakar tersebut membuat Tim harus jatuh bangun untuk membawa orangutan keluar dari lokasi kebakaran. Rescue dilakukan mulai pukul 17.00 sd 21.00 WIB.

Setelah berhasil di evakuasi, selanjutnya orangutan dibawa ke Orangutan Care Centre and Quarantine (OCCQ) Pasir Panjang untuk diperiksa kesehatannya. Setelah dinyatakan sehat orangutan tersebut di translokasi ke di Taman Nasional Tanjung Puting pada tanggal 21 September 2019.

Sumber: Balai KSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini