Direktur KKH Release Tukik di Kegiatan Astra Otoparts Conservation Program Sea Turtle

Senin, 23 September 2019

Yogyakarta, 20 September 2019. Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi mendampingi Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, drh. Indra Exploitasia, M.Si hadir di acara release tukik Astra Otoparts Conservation Program Sea Turtle hari Jum’at (20/9/19).

Bertempat di Pantai Trisik, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kulonprogo, Kegiatan release tukik dan penanaman dilaksanakan oleh PT Astra Otoparts Group bekerjasama dengan Balai KSDA Yogyakarta, Kelompok Pelestari Penyu Abadi, Pemerintah Desa Banaran, Muspika Kecamatan Galur, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulonprogo, serta Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo.

Kegiatan diawali dengan release tukik sebanyak 70 ekor jenis Penyu lekang (Lepidochelys olivacea) dan dilanjutkan dengan penanaman.

Dalam sambutannya Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati menyampaikan mengenai keragaman jenis penyu di Indonesia. “Dari 7 jenis penyu di dunia, 6 diantaranya berada di Indonesia. Pantai Trisik ini merupakan salah satu pantai tempat pendaratan penyu, khususnya jenis penyu lekang. Sebagai tempat pendaratan penyu, Pantai Trisik perlu dilestarikan dengan tetap mempertahankan keberadaan hamparan pasir di sepanjang pantai. Ke depan perlu dibangun nesting site di sepanjang pantai sehingga proses penyu bertelur sampai menetas dapat berjalan secara alami.” jelas drh. Indra Exploitasia.

Sementara itu, Kepala Balai KSDA Yogyakarta mengapresiasi kegiatan release tukik dan penanaman ini. “Kegiatan release tukik yang dikemas dalam program Conservation Program Sea Turtle PT Astra Otoparts ini merupakan salah satu bentuk kepedulian corporate terhadap konservasi jenis di Indonesia. Harapan ke depan kegiatan konservasi dengan menggandeng masyarakat seperti ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.” tutur M. Wahyudi.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penanaman 50 bibit Cemara Udang (Casuarina equisetifolia) di laguna Pantai Trisik.

 

Sumber : Titis Firtiyoso (PEH – Balai KSDA Yogyakarta)


 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini