Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi

Senin, 23 September 2019

Pekanbaru, 20 September 2019 - Penilaian efektivitas pengelolaan kawasan melalui METT (Management Effectiveness Tracking Tools) dilakukan Balai Besar KSDA Riau bersama para pihak terkait baik pemerintahan daerah, masyarakat sekitar kawasan konservasi, Perguruan Tinggi dan NGO pada tanggal 18 s.d 20 September 2019 di hotel Grand Suka Pekanbaru.

Penilaian dilakukan terhadap 12 kawasan konservasi yang berada dalam pengelolaan Balai Besar KSDA Riau. Kawasan konservasi tersebut yaitu CA Bukit Bungkuk, CA Pulau Berkey, SM Bukit Rimbang Bukit Baling, SM Bukit Batu, SM Balai Raja, SM Kerumutan, SM Bukit Bungkuk, SM Giam Siak Kecil, SM Tasik Besar Serkap, SM Tasik Serkap, TWA Buluh Cina, dan Taman Buru Pulau Rempang.

Penilaian efektivitas pengelolaan kawasan merupakan bagian dari upaya peningkatan efektivitas pengelolaan kawasan sebagai rencana strategis kementerian LHK pada sasaran program Direktorat Jenderal KSDAE yaitu "meningkatnya efektivitas pengelolaan hutan konservasi dan upaya konservasi keanekaragaman hayati"

Penilaian dilakukan terhadap elemen- elemen utama yang berperan penting dalam siklus pengelolaan yaitu nilai penting kawasan (konteks), perencanaan, alokasi sumberdaya (input), kegiatan pengelolaan (proses), produk dan jasa yg dihasilkan (output) dan dampak yang dicapai (outcome).

Acara dibuka oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau, Bapak Suharyono. Dalam arahan dan sambutannya disampaikan bahwa penilaian ini merupakan sarana instropeksi bagi upaya pengelolaan kawasan konservasi yang lebih baik sesuai dengan tujuan pengelolaan dan mandat kawasan yang telah ditetapkan. Penilaian yang dilakukan diharapkan akan memberikan masukan mengenai perbaikan yang perlu dilakukan sehingga prosesnya dilakukan secara objektif, transparan, partisipatif, reguler, independen, instropeksi dan sharing knowladge.

Selama proses penilaian, peserta penilaian secara aktif menyampaikan pandangan terhadap pertanyaan pertanyaan yang disampaikan oleh fasilitator untuk menetapkan skor berdasarkan kesepakatan bersama. Selain itu juga dibahas rekomendasi dan tindaklanjut dalam setiap parameter penilaian.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini