Kerjasama Penyediaan Sarana Komposting, sebagai Solusi Dukungan Pengolahan Sampah di Kawasan TNBB.

Senin, 23 September 2019

Gilimanuk, 20 September 2019. Kawasan Taman Nasional Bali Barat bukanlah tempat pembuangan akhir sampah, namun karena TNBB berbatasan langsung dgn akses masuk pulau Bali dan pemukiman penduduk sehingga timbunan sampah menjadi pemandangan yg tdk biasa di kawasan Konservasi.

Atas kesadaran itu, dan dengan persetujuan dari Dirjen KSDAE, maka para pihak antara lain Kelurahan Gilimanuk, PT PLTG dan PT Shorea Barito Wisata (SBW) sepakat bekerjasama dengan Balai TNBB untk penguatan fungsi kawasan TNBB dalam pengelolaan sampah khususnya sampah organik dgn komposting dan penyadartahuan serta pemasangan himbauan2. kerjasama ini telah dimulai akhir tahun 2017.,

Dalam rangka pencapaian dan monitoring kerjasama, pada tgl 20 September Para pihak melakukan rapat monitoring kerjasama. Rapat dihadiri perwakilan Balai TNBB, Kelurahan Gilimanuk, PT PLTG dan PT SBW,. Rapat membahas progres kegiatan selama tahun berjalan dan perencanaan tahun 2020. Dalam kerjasama ini, para pihak sepakat Pembangunan sarana komposting dengan prasarana pendukung harus dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi kelompok masyarakat yg menjadi operator, namun tdk melupakan upaya konservasi bahkan nantinya sarana yg dibangun dapat menjadi wisata edukasi bagi wisatawan. Juga sebagai salah satu alternatif paket wisata khususnya di Gilimanuk yang merupakan pintu masuk ke pulau Bali sehingga para wisatawan tdk hanya melintas namun singgah dan menikmati paket wisata yg Ada di Gilimanuk.

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini