Diseminasi Hasil Survei Ekologi,dan Sosek kepada Para Pihak

Kamis, 19 September 2019

Gilimanuk, 16 September 2019. Balai TN Bali Barat kembali melakukan kegiatan diseminasi dan pembahasan hasil survei dalam rangka permohonan IUPSWA PT. PMB di zona pemanfaatan TNBB. Acara ini dibuka oleh Kepala Balai TNBB Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si, dihadiri Kepala SPTN Wilayah lingkup TNBB, fungsional PEH, Penyuluh kehutanan, Polhut, staf TNBB, undangan pihak pemohon (PT. PMB), KPH Bali Barat, Kepala Desa/perbekel setempat, Ketua Forum Penyedia Jasa wisata alam, dan tokoh adat.

Sesuai prinsip pengelolaan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, dapat dilakukan upaya pemanfaatan SDAH secara lestari. Di kawasan Taman Nasional Bali Barat salah satunya adalah melalui  wisata alam. Kegiatan wisata alam di Taman Nasional Bali Barat telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahtraan masyarakat. Selain itu, kegiatan wisata alam di TNBB juga memberikan dampak positif terhadap meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati di TNBB agar tetap lestari dan dapat terus dimanfaatkan untuk wisata alam.

Untuk badan usaha swasta yang ingin mengajukan Izin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA) di ruang usaha zona pemanfaatan  kawasan TNBB, saat ini melalui mekanisme OSS, tentunya juga harus memenuhi persyaratan sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu syaratnya adalah adanya pertimbangan teknis dari Kepala UPT yang diterbitkan setelah adanya survei ekologi dan sosial masyarakat sekitar untuk dijadikan bahan Pertimbangan Teknis (Pertek). Berdasarkan Pertek tersebut dapat dianalisa tentang informasi ekologi area yang dimohon dan sosial masyarakat sekitar agar dalam pengelolaannya tidak memberikan dampak buruk terhadap ekologi dan sosial.

Salam konservasi!

Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

#AyoKeTamanNasional

#BaliBarat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini