Upaya Balai KSDA Sulawesi Tengah Menangani Karhutla

Rabu, 18 September 2019

Rabu, 18 September 2019 - Balai KSDA Sulawesi Tengah saat ini telah berhasil menangani kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Prov. Sulawesi Tengah. Ada 3 kejadian kebakaran yang terjadi. Yang pertama terjadi pada bulan Mei 2019 seluas 24,5 Ha di kawasan TB Landusa Tomata, bulan Agustus 2019 seluas 11,75 Ha di kawasan SM Lombuyan, dan bulan September 2019 seluas 6,4 Ha di kawasan TB Landusa Tomata dan CA Tanjung Api.


Maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Indonesia sekarang ini, meskipun sebenarnya kejadian karhutla tersebut berulang hampir setiap tahun ketika memasuki musim kering, membuat Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah memberikan himbauan kepada seluruh staf hingga ke tingkat tapak wilayah kerja Balai KSDA Sulawesi Tengah. Kepada para staf agar senantiasa waspada terhadap indikasi titik api yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan. Selain itu juga memberikan himbauan kepada masyarakat maupun korporasi di Prov. Sulawesi Tengah agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar hutan karena akan diancam pidana sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.


Di samping itu Kepala Balai juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan pengamanan hutan (termasuk pencegahan kebakaran hutan), karena sudah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat guna menjaga dan mengamankan kawasan hutan. Dalam himbauannya juga dijelaskan apabila masyarakat luas melihat titik api di kawasan hutan maupun luar kawasan hutan agar segera melaporkan ke call center Balai KSDA Sulawesi Tengah di nomor 082292130780.

Sumber: Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini