Koordinasi dengan Stakeholder dalam upaya pencegahan kebakaran Hutan dan Lahan

Selasa, 17 September 2019

Panyabungan. 17 Spetember 2019 .Kebakaran Hutan dan lahan berulang hampir setiap tahun di Indonesia. Ketika memasuki musim kering apalagi musim kering ekstrim seperti saat ini kebakaran hutan/lahan dan perkebunan terjadi dibanyak tempat. Kerusakan lingkungan hidup yang berkaitan dengan kebakaran hutan dan/atau lahan adalah pengaruh perubahan pada lingkungan hidup yang berupa kerusakan dan/atau pencemaran lingkungan hidup yang berkaitan dengan kebakaran hutan dan/atau lahan yang diakibatkan oleh suatu usaha dan/atau kegiatan. Pencemaran lingkungan hidup yang berkaitan dengan kebakaran hutan dan atau lahan adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup akibat kebakaran hutan dan atau lahan sehingga kualitas lingkungan hidup menjadi turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Balai TNBG hampir setiap tahun terus melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan/lahan lewat kampanye ke desa penyangga maupun sekolah-sekolah. Kabupaten Mandailing Natal telah melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan di setiap kecamatan yang di inisiasi oleh Pemda, Kepolisian, TNI, Balai Taman Nasional Batang Gadis dan stakeholders terkait. Peningkatan pencegahan kebakaran hutan terus dilakukan dengan pihak stakholders , salah satunya dengan koordinasi. Balai TNBG juga tempat bagi semua pihak untuk diskusi atau bertukar pikiran dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan , Balai TNBG menerima kunjungan koordinasi dari Polres Mandailing Natal melaui terkait dengan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan .

“ Hal ini kami lakukan, mengingat maraknya kebakaran hutan/lahan yang terjadi saat ini di sejumlah tempat di Indonesia yang menyebabkan polusi udara dan sangat menggangu aktifitas masyarakat pada umumnya, kami diperintahkan Pimpinan untuk terus melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan “ ujar KASAT BINMAS Polres Mandailing Natal Bapak Iptu Sudrajat. Dalam kesempatan ini kepala Balai TNBG menyambut baik kunjungan ini, “ Hal ini perlu kita lakukan untuk terus mensosialisasikan baik dari kampanye pencegahan ke desa-desa  maupun visit school sehingga kebakaran hutan dan lahan bisa di hindari khususnya di Kab. Mandailing Natal .

Sumber: Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini