Kebakaran Hutan dan Lahan di Kayong Utara

Senin, 16 September 2019

Pontianak - Kabupaten Kayong Utara sedang dikepung oleh api,bahkan api telah mendekati rumah warga dan fasilitas umum. Sabtu, 14 September 2019 Tim Taman Nasional Gunung Palung  (Tanagupa) bekerjasama dengan regu Manggala Agni Kayong Utara dan BPBD Kayong Utara untuk memadamkan api di lokasi yang berdekatan dengan RSUD Sultan Muhammad Jamaludin dan SMPN 3 Sukadana.

Nurrahman, salah satu anggota pemadam dari Tanagupa menyebutkan “Sekitar jam 11 ada warga meminta bantuan bahwa di belakang SMP N 3 Sukadana ada kebakaran kemudian salah satu anggota dari BPBD kayong Utara  meminta bantuan tim langsung berangkat kelokasi” ujarnya.

Di lokasi berbeda, di daerah aliran sungai Semanjak, sekitar pukul 10.30 tim terdiri dari 4 orang. Temuan titik api berada di sekitar 3-4 km dari lokasi RHL. “Di lokasi pertama titik api jauh dari sumber air, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pemadaman. Kemudian berpindah ke titik api kedua. Setelah aman,Berpindah lagi ke titik api ketiga. Dilanjutkan ke lokasi RHL. Ditemukan bahwa lokasi RHL sudah terbakar dan hanya tersisa bara kecil di beberapa titik. Setelah melakukan penanganan, tim bergerak kembali ke sungai semanjak. Diperjalanan, api di lokasi pertama sudah mendekati sungai. Dilakukan pemadaman, namun tidak bisa maksimal dikarenakan hari sudah gelap. Tim terpaksa mundur” ungkap Leo,tim Tanagupa.

Tidak hanya itu, si jago merah bahkan berhasil menghanguskan sebuah sekolah, yaitu SDN 07 Semanai, desa Simpang Tiga. Sekolah ini baru dibangun untuk memfasilitasi anak-anak transmigrasi yang ada di daerah sekitar. Namun sayangnya, sekolah ini tinggal abu.

Sumber: Taman Nasional Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini