Balai KSDA Yogyakarta Terima Penyerahan Monyet Ekor Panjang

Senin, 09 September 2019

Yogyakarta 9 September 2019, Balai KSDA Yogyakarta melakukan evakuasi satu ekor Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis)  dari seorang warga Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman pada Hari Senin (9/9/19).

Kronologi penyerahan satwa ini berawal dari laporan masyarakat Kalimanjung yang telah menangkap monyet ekor panjang yang masuk ke dalam rumahnya pada Hari Sabtu (7/9/19). Sebelumnya monyet tersebut diduga hewan peliharaan salah seorang warga, namun setelah beberapa hari dari penangkapan, tidak ada warga yang mengaku memelihara monyet tersebut, sehingga diputuskan monyet diserahkan ke Balai KSDA Yogyakarta melalui petugas yang ada di Resort Sleman.

Kepala Resot Sleman, Suharmanto melaporkan kejadian tersebut. “Warga khawatir apabila monyet ekor panjang ini lepas dan dapat mengganggu warga lainnya lagi. Sehingga pagi ini diserahkan ke Resort Sleman.” jelasnya.

Kejadian gangguan satwa jenis monyet ekor panjang beberapa kali terjadi di wilayah Sleman. Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M.Wahyudi segera menugaskan jajarannya untuk melakukan penanganan yang tepat “Kawan-kawan dari Tim Quick Response  Balai KSDA Yogyakarta saya minta dapat cepat bertindak. Yang pertama, satwa monyet ekor panjang yang diserahkan masyarakat tersebut dapat segera dievakuasi ke Stasiun Flora Fauna Bunder untuk penanganan selanjutnya. Yang kedua dapat meningkatkan komunikasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengingat sudah terjadi beberapa kali kejadian monyet ekor panjang yang masuk ke pemukiman warga, apakah monyet ini peliharaan seseorang, ataukah karena permasalahan tidak tersedianya pakan di alam, coba dicermati lagi” ujarnya.

Kelengkapan administrasi penyerahan monyet ekor panjang ini disertai dengan berita acara serah terima satwa yang ditandatangani oleh petugas Balai KSDA Yogyakarta dan masyarakat yang menyerahkan.

Sumber : Suharmanto (Polhut Balai KSDA Yogyakarta)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini