Koordinasi Pembangunan Strategis di Pulau Sumba

Senin, 09 September 2019

Waingapu, 6 September 2019. Pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur berupa jalan merupakan aspek penting dalam kehidupan guna melancarkan arus transportasi baik berupa barang, jasa, maupun kegiatan lainnya. Kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang terletak di 3 Kabupaten di Pulau Sumba juga menjadi bagian penting dalam pengembangan infrastruktur jalan karena sebagian kawasannya memotong jalan penghubung antar kabupaten.

Guna mendukung proyek tersebut, dilangsungkan pertemuan serta penandatanganan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) tahun 2019 antara Balai TN Matalawa dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang di Waingapu. Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah ditandatangani sebelumnya. Selain penandatanganan dokumen-dokumen tersebut, Kepala BPJN, Dr. Ir. Muktar Napitupulu, M.Sc, beserta jajarannya juga memaparkan RPP dan RKT tersebut kepada pegawai TN Matalawa tentang pengelolaan jalan nasional yang melintasi kawasan TN Matalawa yang juga merupakan bagian dari kegiatan pembangunan strategis di Provinsi NTT.

Dalam sambutannya Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, menekankan bahwa pembangunan dan pemeliharaan jalan merupakan kegiatan pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan, namun tetap harus berpegang pada aturan,  prosedur dan memperhatikan asas-asas konservasi dalam pelaksanannya. Dokumen RPP dan RKT merupakan tolok ukur untuk menjadikannya bahan evaluasi dari setiap pekerjaan yang akan dilakukan oleh mitra khususnya BPJN. Di pihak lain, Kepala BPJN mengungkapkan bahwa pekerjaan yang akan dilakukan merupakan pekerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan asas manfaat dan meningkatkan keamanan para pengguna jalan karena kondisi jalan trans sumba yang menghubungkan Sumba Timur hingga Sumba Barat Daya saat ini belum memenuhi standar jalan nasional.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini