Manado Tua, Kini Sudah Ada Jalur Pendakian

Senin, 09 September 2019

Manado Tua salah satu Pulau di Kawasan Taman Nasional Bunaken, kini sudah memiliki jalur pendakian. Pulau yang memiliki ketinggian sekitar 800 mdpl, secara administratif terletak di Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado merupakan pulau yang mempunyai potensi untuk aktivitas wisata mendaki.

Jalur pendakian di Manado Tua dapat ditempuh melalui Kelurahan Manado Tua II dengan panjang jalur sampai di signage 1500 m. Adapun dari Manado Tua I ke signage 2.300 m. Selama perjalanan melewati jalur pendakian akan mendapatkan pemandangan indah Teluk Manado, dengan punggung Pulau Bunaken.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si disaat pengecekan jalur pendakian tanggal 5 September 2019, bahwa saat ini kami dalam tahapan penyelesaian pembangunan signage. Lokasi ini akan menjadikan salah satu spot swafoto untuk wisatawan.

Bagian atas ada signage menghadap kearah Timur Laut dan signage sendiri menghadap ke laut sangat terlihat Bunaken dan Kota Manado. Wisatawan yang tidak melakukan aktivitas diving dan snorkelling, pendakian merupakan pilihan aktivitas wisata lainnya. Jalur pendakian yang disiapkan juga tidak terlalu ekstrim, cukup bersahabat bila datang bersama keluarga.

Dalam penyiapan jalur pendakian kami melibatkan masyarakat serta elemen mitra untuk menyiapkan wisata alam pendakian di Manado Tua. Untuk masing-masing jalur pendakian, dibantu dan disiapkan oleh masyarakat yang bermukim di Kelurahan Manado Tua I dan Kelurahan Manado Tua II, kami berharap peningkatan obyek wisata alam di Taman Nasional Bunaken juga akan menambah peningkatan perekonomian masyarakat lokal. Kedepan masih banyak potensi wisata yang akan dikembangkan oleh Balai Taman Nasional Bunaken bersama masyarakat dan instansi terkait di Pulau Manado Tua, tutur Farianna.

Wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Bunaken, sekarang akan banyak pilihan kegiatan wisata, jadi tidak hanya melakukan aktivitas diving dan snorkelling tetapi juga bisa melakukan kegiatan pendakian di Manado Tua.

Penulis : Eko Wahyu Handoyo, S.Hut - PEH pada Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 1

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini