Aktualisasi Latihan Dasar Dengan Sosialisasikan Mangrove Park Mantehage

Minggu, 08 September 2019

Kamis, 5 Agustus 2019 - Pelaksanaan tugas aktualisasi Latihan Dasar (Latsar) ASN - Kementerian HK angkatan 7 tahun 2019 salah satunya dilakukan dengan mensosialisasikan destinasi baru wisata di Pulau Mantehage.

Sosialisasi dilaksanakan pada 4 desa yang berada di Pulau Mantehage yaitu Desa Tinongko, Desa Bango, Desa Tangkasi, dan Desa Buhias. Tujuannya selain dari promosi mengajak masyarakat menangkap peluang usaha apabila sarana prasarana mangrove park telah tersedia, dimana saat ini dalam tahap penyelesaian.

Peluang usaha masyarakat dapat berupa wisata keliling pulau menggunakan katinting, ojek motor, interpreter, pemandu wisata, homestay, pengembangan cinderamata dan kuliner khas. Masyarakat dapat membentuk kelompok yang disahkan oleh Kepala Desa sebagai pengakuan hukum.

Metode promosi menggunakan media sosial, hal ini untuk menarik wisatawan sekaligus mengimbangi masyarakat di Pulau Mantehage selaku tuan rumah untuk menyiapkan diri dalam menyambut destinasi wisata.

  

Menurut Vola Harindah selaku warga Desa Tinongko menyambut dengan baik pengembangan destinasi dengan pembangunan Mangrove Park di Mantehage, salah satu berpartisipasi yang akan diikuti adalah penyiapan homestay. Vola juga menggerakan masyarakat Desa Tinongko agar dapat peluang usaha jasa wisata yang sama atau jasa lainnya.

Sosialisasi dan pendampingan serta dukungan dari berbagai pihak tentunya sangat diharapkan untuk menjadikan destinasi wisata di Pulau Mantehage, sehingga hal ini akan berlanjut sebagai pemberdayaan masyarakat di desa penyangga, tutup Vola.

 

Sumber: Heni Sulastri (Calon PEH Pertama) - Balai TN Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini