SECARA SWADAYA MASYARAKAT 3 DESA MENGELUARKAN JALAN YANG MASUK KAWASAN TWA BUKIT KABA

Kamis, 05 September 2019

Bengkulu, 5 September 2019. Upaya-upaya penyelesaian permasalahan dalam pengelolaan kawasan konservasi terus dilakukan oleh BKSDA Bengkulu. Upaya penyelesaian dengan metode pendekatan, sosialisasi dan penyadartahuan terhadap masyarakat merupakan prioritas yang dilakukan oleh petugas resort di tingkat tapak. Dan upaya tersebut membuahkan hasil, pada hari jum’at 23 Agustus 2019 BKSDA Bengkulu yang diwakili oleh petugas Resort KSDA Bukit Kaba 1 mendampingi masyarakat yang akan melakukan pemindahan jalan yang dibuat masyarakat berada/melintas di dalam kawasan Taman Wisata Bukit Kaba menjadi ke luar kawasan. Dimana selama ini jalan tersebut digunakan masyarakat sebagai akses menuju lahan perkebunannya yang sebenarnya berada di luar kawasan.

Pemindahan jalan yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dan didukung juga Pemerintah Desa dari 3 Desa yang memanfaatkan yaitu Desa Suban Ayam, Desa Air Meles dan Desa Kali Padang Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Pemindahan jalan sepanjang 500 meter ke luar kawasan merupakan bentuk kesadaran masyarakat untuk mentaati aturan dan ikut berparan aktif dalam menjaga kawasan TWA Bukit Kaba. Manfaat kawasan yang sudah dirasakan masyarakat sebagai sistem penyangga kehidupan dalam mengatur tata air dan mencegah bencana banjir merupakan faktor penting yang mendorong masyarakat untuk dapat terlaksananya kegiatan ini. Sedangkan bekas jalan lama yang ditinggalkan akan dilakukan pemulihan ekosistem dengan melakukan penanaman kembali tanaman kehutanan bersama masyarakat.

Semoga dengan bersinergi antara Pemerintah dalam hal ini BKSDA Bengkulu dan masyarakat desa penyangga, pesan-pesan konservasi dalam menjaga eksistensi kawasan dapat terus ditingkatkan dan dirasakan manfaatnya.

Sumber: Balai KSDA Bengkulu-Lampung

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini