Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di lokasi Mopanat bersama masyarakat Desa Totabuan.

Selasa, 03 September 2019

Totabuan,  Jumat 30 Agustus 2019. Musim kemarau yang panjang terjadi di tahun 2019. Semua resort lingkup UPT Balai Taman Nasional Bogani Nani wartabone harus waspada dalam menghadapi cuaca panas panjang dengan melakukan pencegahan dan pemadaman karhutla sedini mungkin.

Tahun ini titik api mengalami peningkatan yang cukup tinggi di bandingkan dengan tahun lalu.  Hampir di setiap resort wilayah SPTN III Maelang ada kejadian titik apik baik Resort Lolanan dan Pinogaluman hanya satu resort yang tidak ada titik api.

Pemadaman hari ini tepatnya di lokasi Mopanat Desa Totabuan Resort Pinogaluman, dengan area terbakar seluas 0.5 ha.

Anggota Resort Pinogaluman melakukan pemadaman kebarakan hutan dan lahan dengan di bantu oleh masyarakat Desa Totabuan. Mereka bahu membahu dalam melakukan pemadaman karhutla menggunakan peralatan manual.

Lokasi yang sangat sulit di jangkau serta topografi kemiringan medan yang relatif bertebing menjadi kendala utama dalam melakukan pemadaman karhutla. Selain itu, kondisi angin dan banyaknya daun serta kayu yang sangat kering juga merupakan unsur yang menyebabkan karhutla sulit untuk di padamkan.

Buah pengelolaan hutan dengan cara menerapkan RBM ( Resort based Management)  yang mengoptimalkan petugas hadir di lapangan sehingga petugas setiap saat hadir di lapangan serta soliditas hubungan yang baik bersama masyarakat sehingga penanganan dini karhutla langsung segera di atasi tidak sempat menyebar dan meluas.

 

Penulis : Aris udi Raharjo, TNBNW

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini