Sambut Tahun Baru Islam Manggala Agni Brigade Macaca Padamkan Kobaran Api

Senin, 02 September 2019

Bantimurung, 2 September 2019. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung kembali terlalap api. Kali ini kebakaran hutan terjadi di zona khusus yang meluas hingga ke zona rimba dan inti Resort Pattunuang, SPTN Wilayah II Camba. Kejadian naas ini berlangsung Sabtu, 31 Agustus 2019, lokasinya berada di Kampung Ranayya, Desa Bonto Manai, Tompobulu, Maros.

Informasi berawal dari laporan warga: Daeng Bella, melalui kontak quick respon Posko Siaga Manggala Agni Brigade Macaca pukul 10.10 Wita. Posko kemudian menindaklanjuti laporan tersebut dengan menerjunkan tim size up ke lokasi.

Tim size up melaporkan presentase tipe kebakaran: 80 persen kebakaran bawah dan 20 persen membakar tegakan pinus. Arah angin dari timur laut ke barat daya dengan kecepatan 20 km per jam. Vegetasi yang terbakar berupa hutan pinus. Tim ini juga melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan mengidentifikasi sumber air terdekat.

Dengan kekuatan penuh Manggala Agni Non DAOPS Brigade macaca bersama beberapa warga melakukan pemadaman pada pukul 14.20 Wita. Satu unit mobil slip on, dua unit mobil pengangkut personil, tiga unit motor trail, sepuluh  jetshooter, alat navigasi dan dokumentasi, peralatan tangan, hingga mesin pompa menjadi perlengkapan pasukan berseragam merah ini.

"Angin kencang, kurang penerangan serta pohon pinus yang mudah tumbang menjadi kedala sehingga tim tak bisa meneruskan pemadaman malam. Tepat pukul 18.00 Wita pemadaman kita hentikan sementara. Besok kita lanjutkan," instruksi Surapil, Kepala Unit Manggala Agni Brigade Macaca.

Sebelum istrahat mereka membuat sekat bakar. Mengantisipasi kebakaran tak meluas. Pasukan berjumlah 30 orang ini memutuskan menginap di rumah warga, tak jauh dari lokasi kebakaran.

Menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah dengan berjibaku dengan kobaran api. Keesokan harinya, Minggu, 1 September 2019,  pasukan panglima api ini melanjutkan pemadaman.  Pagi sekali mereka sudah bergelut dengan api. Hingga pukul 08.00 Wita api sudah padam.

Kepulan asap masih terlihat di mana-mana. Batang pinus yang tumbang karena terbakar menjadi sebab. Tim lalu melakukan mop up. Memastikan api telah padam total. Proses ini berlangsung cukup alot hingga pukul 16.00 Wita. Kebakaran  hutan pinus ini akhirnya tuntas. Hutan pinus yang terbakar sekitar 5,98 hektar pada zona khusus, zona rimba dan zona inti Resort Pattunuang, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Betapa sulit memadamkan api yang telah membesar. Bijaklah memakai api. Boleh jadi kelalaian kita menjadi sumber bencana.

Sumber: Taufiq Ismail dan Muh. Ikhfar – Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini