TN Meru Betiri Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan

Minggu, 01 September 2019

Jember, 31 Agustus 2019 - Petugas Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) bersama masyarakat berhasil memadamkan kebakaran lahan.

Kejadian ini bermula dari laporan dari masyarakat  bahwa telah terjadi kebakaran lahan di zona rehabilitasi Blok Pondok Jati Resort Sanenrejo, SPTN Wilayah II Ambulu sekitar pukul 16.30 WIB. Laporan tersebut disampaikan ke petugas Resort Sanenrejo. Dengan sigap petugas  langsung menuju ke lokasi di titik koordinat UTM x 0804409 y 9072532 dan melakukan pemadaman menggunakan gebyok. Tim yang terdiri dari 12 orang dikerahkan untuk memadamkan api. Tim ini gabungan antara Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Sanenrejo yang terlebih dahulu mencoba memadamkan api, selanjutnya 3 orang petugas resort, 4 orang Pokdarwis Sanenrejo dan 3 orang MMP dari Andongrejo dan Wonoasri.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun kemungkinan besar diduga karena human error, dari kebun sekitar kawasan yang merembet masuk dalam kawasan terutama semak belukar yang kondisinya kering. Lahan yang terbakar sekitar 0.5 ha dan api bisa dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB.

Untuk berjaga-jaga petugas melakukan mob up yang dilanjutkan patroli di beberapa lokasi rawan dan berbatasan dengan kebun masyarakat.

Kepala Balai TN MerBeti, Maman Surahman, S.Hut., M.Si menghimbau kepada Petugas Resort bahwa di musim kemarau ini kita harus selalu waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Apabila terjadi karhutla segera dikendalikan, infokan dan harus saling memback-up.

"Tingkatkan patroli karhutla dan lakukan anjangsana ke masyarakat, terutama petani penggarap lahan rehabilitasi agar tidak membakar semak belukar." Pesan Kepala Balai TN Merbeti.

Sumber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini