Bantuan Program Pemberdayaan Masyarakat Sekitar SM Kuala Lupak dan SM Pulau Kaget

Jumat, 30 Agustus 2019

Sungai Telan Besar, 27 Agustus 2019 − Bertempat di rumah dinas Kepala Desa Sungai Telan Besar, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala, telah dilaksanakan penyerahan dana bantuan fasilitasi pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi. Tujuan kegiatan ini dalam rangka pengembangan kegiatan pemberdayan masyarakat sekitar kawasan dan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan.

Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc, didampingi Kepala SKW 2 Banjarbaru M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si dan Kepala Resort Ahmad Barkati serta penyuluh pendamping desa. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Junaidi selaku Kepala Desa Kuala Lupak beserta Kahirullah selaku Ketua Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Hutan Lestari”. Amberin selaku Kepala Desa Sungai Telan Besar beserta Helmi selaku Ketua Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Maju Bersama”, dan Syarwani selaku Kepala Desa Tabunganen Muara beserta Yakin selaku Sekretaris Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Pulau Kaget Tabunganen”.

Paparan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu sarana komunikasi dan silaturahmi antara pengelola kawasan dengan masyarakat sekitar kawasan, dengan saling memantau perkembangan kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat membangun komunikasi dan silaturahmi yang lebih intensif. Lebih  lanjut  dipaparkan,  dalam  kegiatan  pemberdayaan masyarakat akan memberikan kesempatan membuka peluang usaha bagi kelompok dan diharapkan nantinya peluang usaha tersebut akan bergulir pada kegiatan atau kelompok lain di desa tersebut. Peluang usaha yang bergulir nantinya akan berdampak pada seluruh lapisan masyarakat melalui kelompok-kelompok lain dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Dalam kegiatan ini diserahkan bantuan dana secara simbolis sebesar 22 juta rupiah untuk masing-masing Kelompok Pemberdayaan Masyarakat. Dana ini digunakan untuk memperkuat kelembagaan kelompok dalam memenuhi kebutuhan kelompok membuka peluang usaha melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kelompok seperti kegiatan budidaya kepiting di desa Kuala Lupak, budidaya itik petelur di desa Sungai Telan Besar dan budidaya lebah madu di desa Tabunganen Muara. Kepala Balai berpesan agar dana dari Pemerintah Republik Indonesia dapat dimanfaatkan secara terencana, efisien, transparan dan manfaat secaraa bergulir serta memberikan peningkatan usaha ekonomi masyarakat sekitar kawasan. (jrz)

Sumber : Cecep Budiarto, S.Hut - Penyuluh Kehutanan SKW II Banjarbaru Balai KSDA Kalimantan Selatan

Bantuan Program Pemberdayaan Masyarakat Sekitar SM (02)

Bantuan Program Pemberdayaan Masyarakat Sekitar SM (03)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini