Taman Nasional Bukit Tigapuluh Tidak Berdiam Diri.....

Kamis, 29 Agustus 2019

Kamis, 29 Agustus 2019 - Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dilakukan secara optimal oleh TNBT. Tak hanya bergerak memadamkan tetapi dari tahap pencegahan yang bersifat preventif. Setiap resort menyiapkan regu pemadam kebakaran didukung oleh Masyarakat Mitra Polhut (MPA) dan selalu siap siaga apabila terdapat titik api.

Sampai saat ini kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) masih aman dari kebakaran hutan. Kebakaran yang terjadi sebelumnya berada di daerah penyangga TNBT, baik di wilayah Riau maupun Jambi. Sebelumnya pada 15-20 Agustus 2019, terdapat kebakaran lahan di daerah Simpang Datai di luar kawasan, yang mana api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas.

 

Kepala Balai TNBT Darmanto menyatakan, bahwa saat ini kebakaran yang sedang viral dan dishare oleh beberapa publik figur tanah air adalah kebakaran di Jambi. Sekali lagi lokasi kebakaran bukan di dalam kawasan TNBT, tapi berada di areal konsesi PT. ABT (Alam Bukit Tiga puluh yg merupakan HPH restorasi yang selama ini sedang marak perambahan) Lansekap bukit tigapuluh. Kami pihak TNBT selalu membantu memadamkan kebakaran apabila terjadi kebakaran di daerah penyangga.

Hendra Koswandi selaku Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Tebo Jambi melakukan koordinasi dengan Direktur Utama PT. ABT Doddy Rukman bahwa pada 22 Agustus 2019 ada 5 Hotspot (HS) di wilayah konsesi PT. ABT yang berada di blok 2 Pemayungan Kab. Tebo, Jambi.

Meskipun kebakaran terjadi di luar kawasan, TNBT tidak berdiam diri. Patroli gabungan dengan PT. LAJ dilakukan sejak 19 Agustus dan sampai dengan hari ini petugas masih berada di lapangan. Dari informasi yang diperoleh tim patroli gabungan masih berada di Desa Suo-suo dan Semambu. Tim siaga di posko untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran. Kebakaran yang terjadi pada 20 Agustus 2019 sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada kebakaran besar.

 

Kami turut mengklarifikasi bahwa tidak ada pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) di TNBT. Perlu diketahui pula bahwa SAD hanya menjelajah TNBT untuk mencari hasil hutan bukan kayu, bukan bermukim.

Mohon dukungan dan doa agar tidak terjadi kebakaran hutan berkepanjangan. Kami pihak TNBT tidak akan berdiam diri membiarkan kebakaran terjadi. Harus siap siaga menanggulangi api meski berhari-hari meninggalkan istri dan buah hati.

 

Sumber: Balai TN Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini