Orangutan Goes to School di CB Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu

Rabu, 28 Agustus 2019

Putussibau, 28 Agustus 2019. Cagar Biosfer (CB) Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu turut memperingati “International Orangutans Day 2019” melalui beberapa rangkaian kegiatan seperti Talkshhow di Radio, Konser Di Rumah Betang untuk Konservasi Orangutan, Orangutan Goes to School, Talkshow di Cafe yang mulai dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2019 – 31 Agustus 2019 di Putussibau dan sekitarnya.  

Aripin, Koordinator PEH Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BB TaNa Bentarum) menyatakan bahwa kegiatan peringatan orangutan di Kapuas Hulu ini adalah kerjasama antara BB TaNa Bentarum dengan WWF Indonesia, TFCA Kalimantan, Putussibau Art Comunity (PAC) dan Pramuka Kwarcab Kapuas Hulu. Kegiatan ini sangat penting dilakukan, dimana Kabupaten Kapuas Hulu telah ditetapkan sebagai cagar biosfer merupakan habitat alami dari orangutan kalimantan (Pongo pymaeus pygmaeus) yang tersebar di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK), Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dan hutan lindung di sekitarnya. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan penyadartahuan masyarakat umum dan pelajar tentang pentingnya upaya konservasi orangutan dan habitatnya yang di ada Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu.

Sementara Ismu selaku koordinator kegiatan yang juga staf WWF Hulu Kapuas Landscape menambahkan bahwa kegiatan kegiatan kampanye perlindungan orangutan di sekolah ini diberi tema “Orangutan Goes to School” bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan sumberdaya alam Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu dan membentuk serta mengembangkan jiwa konservasionis pada siswa, generasi muda serta masyarakat umum. Kegiatan Orangutan Goes to School dilaksanakan mulai tanggal 26 s/d 28 Agustus 2019 di SD dan SMP Karya Budi, SDIT Insan Mulia Putussibau, SMPN 7 Putussibau, MIN Putussibau dan SMPN 1 Putussibau. Kegiatan tersebut berisi tentang paparan konservasi orangutan, pemutaran film dan game edukatif lainnya yang terkait dengan konservasi orangutan.

Peringatan International Orangutans Day rutin dilaksanakan setiap tahunnya ditingkat internasional untuk mengkampanyekan perlindungan terhadap orangutan. Sebagai habitat orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus pygmaeus) terluas, Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu sudah seharusnya menjadikan event ini sebagai kegiatan rutin yang harus dilaksanakan setiap tahunnya untuk meningkatkan kepedulian terhadap konservasi orangutan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Sumber : PEH Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini