Meriah! Pelepasan Tukik di Kawasan Pantai TN Gunung Leuser

Rabu, 28 Agustus 2019

Tapaktuan, 27 Agustus 2019. Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser  kembali menggelar kegiatan pelepasliaran tukik di kawasan pantai Singgah Mata Rantau Sialang, Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Kluet Utara, Bidang Pengelolaan TN Wilayah I Tapaktuan, kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh pada Senin (26/8) pagi. Puluhan tukik dengan jenis penyu abu-abu (Lepidochelys olivacea) berusia 3-5 bulan dilepas ke lautan lepas.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 74 tahun 2019, mengusung tema “Ayo gali spirit konservasi alam milenial menuju Indonesia unggul”.

Gelaran acara dirangkai dengan berbagai kegiatan diantaranya ; pertunjukan tari tradisonal, pesta rakyat dalam bentuk perlombaan, pelepasan tukik penyu dan pembagian door prize. Hadir dalam agenda ini FORKOPIMDA Kabupaten Aceh Selatan, SKPK, MUSPIKA Kecamatan Kluet Selatan, Kluet Timur, Bakongan, KPH Wilayah IV Aceh, BKSDA Aceh, PERS, Mitra TN. Gunung Leuser dan masyarakat umum.

Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Agung Widodo, S.H, M.H, mengatakan bahwa, kegiatan pelepasliaran tukik penyu laut ini diinisiasi melalui program BCCPGLE – (KFW) – BBTNGL dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tujuannya adalah mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga, mempertahankan dan melestarikan penyu, sebagai salah satu pengontrol laju ekosistem laut.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang promosi wisata edukasi terhadap masyarakat yang berada di sekitar kawasan TN. Gunung Leuser”, jelasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Selatan yang diwakilkan oleh Bapak H. Nasjuddin, SH. MM, memberikan apresiasi kepada petugas TN. Gunung Leuser atas keberhasilannya dalam pelestarian penyu laut. Disamping itu Nasjuddin menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah dibawah jajarannya untuk bersama melindungi dan melestarikan penyu laut demi generasi yang akan datang. [teks&foto©bbtngl/efa/ulul|27082019]

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

peleasan tukik 1

pelepasan tukik 9pelepasan tukik 16

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini