SEMARAKKAN HUT KEMERDEKAAN KE-74 REPUBLIK INDONESIA BALAI TAMAN NASIONAL BUKIT BAKA BUKIT RAYA MENYELENGGARAKAN LOMBA MEWARNAI, MENGGAMBAR, MEMBUAT POSTER, DAN MEMBUAT VIDEO PENDEK

Rabu, 28 Agustus 2019

Sintang, 24 Agustus 2019. Lomba yang berlangsung dengan suasana yang penuh semangat sportifitas dalam atmosfer nasionalisme ini melibatkan ratusan peserta. Lomba Mewarnai diikuti oleh 42 orang peserta dari 10 TK/RA dan 2 PAUD di Sintang, Lomba Menggambar kategori SD Kelas 1-3 diikuti oleh 57 orang peserta dari 16 SD/MI/sederajat di Sintang. Lomba Menggambar kategori SD Kelas 4-6 diikuti oleh 56 orang peserta dari 18 SD/MI/sederajat di Sintang. Lomba Mewarnai dan Menggambar juga diikuti oleh putra-putri DWP TNBBBR. Sedangkan Lomba Membuat Poster Konservasi diikuti oleh sebanyak 49 orang peserta dari SMP/MTs sederajat di Sintang dan Lomba Membuat Video Pendek Konservasi sebanyak 7 video dari SMA/sederajat di Kecamatan Sintang dan Kelam Permai.

Selama lomba berlangsung, kepada Bapak dan Ibu Guru pendamping dan orang tua siswa, panitia melibatkan mereka dalam pendidikan lingkungan. Beberapa materi yang diberikan meliputi Pengenalan Pengelolaan TNBBBR, Pengenalan Rehabilitasi dan Konservasi Orangutan, dan Pengelolaan Sampah Plastik. Disela pemberian materi panitia juga memberikan beberapa game/permainan dan mengganjar merchandise menarik bagi audiens yang mempu menjawab pertanyaan kuis dan mengikuti permainan dengan baik. Permaianan mengenali, menebak dan menirukan suara burung dari jenis-jenis Bucerotidae salah satu yang sangat menarik perhatian audiens. Beberapa audiens yang sebagian besar adalah tenaga pendidik mengatakan bahwa mereka baru mengetahui ciri-ciri dan suara burung jenis Enggang Gading (Rhinoplax vigil) yang merupakan maskot Provinsi Kalimantan Barat.

Sambil menunggu penjurian dan acara pengumuman pemenang lomba, panitia memberikan materi edukasi pendidikan lingkungan kepada peserta lomba mewarnai dan menggambar yang sebagian besar adalah siswa/siswi PAUD – TK dan SD di Sintang. Pendidikan lingkungan pada dasarnya adalah untuk mengubah perilaku individu menjadi perilaku yang positif terhadap lingkungan (perilaku ramah lingkungan). Untuk membangkitkan kesadaran manusia terhadap lingkungan hidup di sekitarnya, proses yang paling penting dan harus dilakukan adalah dengan menyentuh hati. Jika proses penyadaran telah terjadi dan perubahan sikap dan pola pikir terhadap lingkungan telah terjadi, maka dapat dilakukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai lingkungan, serta peningkatan keterampilan dalam mengelola lingkungan.

Melalui kegiatan ini Balai TNBBBR ingin ikut berperan serta dalam mencerdaskan anak bangsa dan ikut serta dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas terutama generasi yang peduli dan mecintai alam dan lingkungan di sekitarnya. Melalui pendekatan penyebarluasan pendidikan lingkungan yang sistematis terutama pada generasi muda diharapkan dapat membentuk karakter millenial yang peduli lingkungan dan tanggap perubahan.

Nilai penting kelestarian dan keberlanjutan tidak hanya untuk diresapi namun juga digaungkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Peran serta berbagai pihak dibutuhkan dalam upaya penyebarluasan pesan-pesan pelestarian kepada masyarakat untuk menggiatkan prinsip-prinsip keberlanjutan. Dalam kegiatan ini pihak Balai TNBBBR didukung oleh para mitra pengelolaan, diantaranya Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI), Yayasan Penyelamatan Orangutan Kalimantan (BOSF), WWF Indonesia, dan BPDASHL Kapuas.

Kegiatan Lomba Mewarnai, Menggambar, Membuat Poster, dan Membuat Video Pendek Konservasi ditutup oleh Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bapak Agung Nugroho, S.Si., M.A., beliau berpesan bahwa “Dalam perlombaan ini bukan hanya tentang siapa yang menang, tapi bagaimana setelah lomba ini kita dapat menjadi anak bangsa yang lebih mencintai Indonesia, mencintai alam dan siap menjadi generasi unggul penerus pembangunan”.

Dalam rangka peringatan HUT RI ke-74 tahun, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) pada Hari Sabtu, tanggal 24 Agustus 2019 menyelenggarakan rangkaian kegiatan lomba – lomba, diantaranya Lomba Mewarnai untuk Tingkat PAUD –TK/RA, Lomba Menggambar untuk Tingkat SD/MI kelas 1 – 3, Lomba Menggambar untuk Tingkat SD/MI kelas 4 – 6, Lomba Membuat Poster Konservasi untuk Tingkat SMP/MTs, dan Lomba Membuat Video Pendek Konservasi untuk Tingkat SMA/SMK/sederajat di Kota Sintang. Lomba dilaksanakan di Kantor Balai TNBBBR ditengah cuaca yang sangat bersahabat. Tema yang diangkat pada Lomba Mewarnai dan Menggambar adalah “Aku Cinta Alam Indonesia, Akan Aku Jaga Sepanjang Masa”, sedangkan tema yang diangkat pada Lomba Membuat Poster dan Membuat Video Pendek Konservasi adalah “Peduli Lingkungan Hidup dan Konservasi Sumberdaya Alam Hayati”, sangat relevan dengan tag line HUT Kemerdekaan RI tahun ini “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNBBBR, Bapak Doni Maja Perdana, S.Hut yang mewakili Kepala Balai TNBBBR. Dalam sambutannya Bapak Doni Maja Perdana, S.Hut berpesan bahwa “Kegiatan yang bertujuan untuk  menanamkan kesadaran, kecintaan dan kepedulian generasi muda pada lingkungan hidup dan konservasi sumberdaya alam hayati  ini dapat mendorong terwujudnya Indonesia Maju”.

Sumber: Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini