Koordinasi untuk Mengatasi Bencana Kekeringan di Pulau Sumba

Rabu, 28 Agustus 2019

Waingapu, 27 Agustus 2019. Musim kemarau tahun ini dirasakan cukup lama di seluruh kawasan Indonesia termasuk Pulau Sumba. Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) sebagai penganggung jawab dalam mengatasi permasalahan tersebut melakukan berbagai macam cara agar masyarakat dapat memperoleh air bersih untuk penghidupannya. Termasuk berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa).

Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M., menerima langsung kunjungan Kepala Pelaksana BPBD Kab. Sumba Timur di ruang kerjanya. Dalam pertemuan itu dibahas mengenai pemanfaatan air non komersial dari dalam kawasan TN Matalawa. Kepala BPBD mengungkapkan bahwa kawasan TN Matalawa mempunyai peran penting sebagai catchment area di Pulau Sumba, oleh karena itu TN Matalawa dapat berperan dalam mitigasi bencana khususnya bencana kekeringan.

Kepala Balai menyambut baik ajakan Kepala BPBD untuk memanfaatkan air dari dalam kawasan untuk mitigasi bencana. Balai TN Matalawa akan memproses usulan tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku demi mengatasi bencana kekeringan serta kesejahteraan masyarakat di Pulau Sumba.

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini