Harimau Kerap Muncul, Tim Mitigasi Konflik BKSDA Jambi Turun Tangan

Senin, 26 Agustus 2019

Merangin, 21 Agustus 2019. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I menerima laporan tentang adanya gangguan satwa liar Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Desa Lubuk Beringin dan Desa Rantau Macang Kecamatan Muara Siau Kabupaten Merangin. Tim mitigasi konflik SKW I melakukan rapat persiapan teknis dan mempersiapkan peralatan seperti GPS, Peta, alat pengusiran, poster dan leaflet tentang TSL dilindungi yang akan dibagikan sebagai bahan sosialisasi kepada instansi terkait dan masyarakat di kedua desa tersebut.

Sebelum menuju ke lokasi, tim mitigasi konflik SKW I berkoordinasi dengan aparat kepolisian Muara Siau. Kapolsek Muara Siau membenarkan bahwa belakangan ini sering adanya laporan dari warga kedua desa terkait kemunculan seekor Harimau yang berkeliaran di areal perkebunan warga. Kapolsek Muara Siau berkomitmen akan turut membantu tim mitigasi konflik SKW I BKSDA Jambi dalam penanganan satwa liar dilindungi yang terjadi di wilayah hukumnya. Tim menyerahkan poster dan leaflet TSL kepada Kapolsek Muara Siau sebagai bahan sosialisasi internal bagi personilnya.

Tim mitigasi konflik SKW I bersama dengan Kapolsek Muara Siau dan Aggotanya serta staf KPHP Kabupaten Merangin berangkat menuju lokasi dimana Harimau kerap kali terlihat oleh warga guna melakukan olah TKP dengan mencari jejak, kotoran maupun tanda lainnya yang membuktikan Harimau tersebut berada dilokasi itu. Tim melakukan upaya pengusiran dengan membunyikan petasan agar Harimau yang diduga masih berada disekitar lokasi tersebut menjauh dari perkebunan warga. Selanjutnya tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang TSL dan membagikan poster dan leaflet serta menjelaskan teknik penanganan konflik satwa liar.

Kepala SKW I BKSDA Jambi, Udin Ikhwanuddin mengatakan “Alhamdulillah kegiatan mitigasi konflik berjalan lancar atas dukungan Kepala Balai KSDA Jambi dan koordinasi serta kerjasama dengan berbagai pihak terkait yaitu Polres Muara Siau, Camat Muara Siau, BPTN Wilayah I Jambi di Bangko, KPHP Unit Merangin, Kades Rantau Mancang, Kades Lubuk Beringin dan masyarakat setempat. Kita juga tadi telah melakukan sosialisasi dan membagikan poster dan leaflet tentang TSL.”

Sumber : Balai KSDA Jambi

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini