Semarak Kemerdekaan Balai TN Kepulauan Togean Bersama Pemda dan Komunitas

Senin, 26 Agustus 2019

Ampana, 26 Agustus 2019. Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74, Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una dan Komunitas Ampana Peduli Sampah laksanakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari Bersih-Bersih Pantai, Lomba Angkat Sampah Bawah Laut, Lomba Panjat Pinang, Lomba Tarik tambang dan Transplantasi Terumbu Karang di Taman Jembatan Hayal Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una. Tema kegiatan ini adalah “Mari Membudayakan Tidak Membuang Sampah Ke laut, karena Laut Bukan Tempat Sampah”. Acara dibuka Asisten II Bupati dan dihadiri oleh stakeholders terkait. Dalam Pidatonya beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang dipelopori oleh Para Pemuda Ampana ini, karena menurutnya permasalahan sampah tidak akan selesai jika tidak ada kesadaran dari diri kita sendiri. “Semua dapat terlaksana dengan baik untuk Indonesia menjadi Negara yang bebas Sampah jika dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar kita”, katanya.

Satu yang menarik dari Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Yang ke-74 adalah adanya pelaksanaan Kegiatan Transplantasi karang di pesisir pantai Ampana. Menurut Oktovianus, S.Hut. selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNKT, transplanstasi ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat sekitar pesisir ampana bahwa pentingnya menjaga ekosistem bawah laut terutama terumbu karang dikarenakan terumbu karang sangat berperan untuk keberlangsungan hidup biota bawah laut seperti tempat ikan berlindung. “Hancur ekosistem terumbu karang, maka akan mempengaruhi jumlah ikan yang ada di laut” , ujarnya.

“Pesan lingkungan yang dapat dipetik dari kegiatan ini bahwa kita sebagai makhluk hidup harus menjaga kelestarian laut dari kegiatan yang merusak seperti Destructive Fishing, membuang sampah di laut atau sembarang tempat untuk manfaat yang diperoleh oleh generasi yang akan datang,” ujarnya.

Sumber  : Mega Putri A. - Penyuluh Muda Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini