BKSDA Yogyakarta Dampingi Kapolda DIY Lepasliarkan Penyu di Pantai Goa Cemara

Kamis, 22 Agustus 2019

Yogyakarta, 21 Agustus 2019. Kapolda DIY, Irjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si beserta jajarannya sebanyak kurang lebih 400 orang, melepaslliarkan 75 ekor penyu yang terdiri atas 2 ekor penyu sisik (Eretmochelys imbricate) dan 73 ekor penyu lekang (Lepidochelys olivacea). Pelepasliaran dilakukan di Pantai Goa Cemara. Penyu tersebut berasal dari hasil penyelamatan penyu oleh Kelompok Penyelamat Penyu Pantai Goa Cemara dan Pantai Pelangi.

Turut hadir pada kegiatan ini Dirpolairud dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari DIY, Diana Dofiri. Dalam sambutannya, Diana menjelaskan maksud pelaksanaan kegiatan ini. “Pelepasliaran penyu ini merupakan satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 Polda DIY dan sekaligus untuk menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 RI” tutur Diana.

Kepala Resort Konservasi Wilayah Bantul, Sujiyono dalam kesempatan tersebut menyampaikan arahan Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi terkait upaya konservasi penyu. “Sebagaimana arahan Bapak Kepala Balai, penyelamatan dan konservasi penyu menjadi tanggung jawab kita bersama.  Semua orang berhak ikut serta dan berpartisipasi dalam menjaga kelestarian penyu. Semakin banyak yang peduli, semakin sedikit perburuan terhadap telur dan penyu yang terjadi. Pelepasliaran penyu kali ini salah satu bentuk kepedulian terhadap kelestarian penyu dan harapannya proses pelepasliaran dapat dilakukan sesuai dengan prosedur.” Ujar Sujiyono.

Kegiatan pelepasliaran penyu di Pantai Goa Cemara ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Pelepasaliaran Penyu yang dilakukan oleh Direktur Polairud, Mansjur, SH, SIK bersama dengan Balai KSDA Yogyakarta dan Kelompok Penyelamat Penyu Pantai Goa Cemara.

Sumber : Sujiyono - Polhut Balai KSDA Yogyakarta


 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini