Membangun Kesepahaman Zona Pengelolaan TN Kelimutu Bersama Masyarakat Adat

Selasa, 18 April 2017

Ende, 18 April 2017. Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu membuka kegiatan Sosialisasi Zona Taman Nasional Kelimutu pada tanggal 18 April 2017 di Hotel Satarmese Kabupaten Ende. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta perwakilan dari Bapeda Kabupaten Ende, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ende, Dinas LH, Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Ende, BPN Kabupaten Ende. Universitas Flores Ende, Satker PPK Jalan Negara, KPH Kabupaten Ende, Yayasan Tana Nuwa Kecamatan Lingkup Kabupaten Ende, Desa sekitar TN Kelimutu  dan Mosalaki sekitar TN Kelimutu.

Zonasi Taman Nasional Kelimutu yang telah disusun dan disahkan oleh Direktur Jenderal KSDAE pada tahun 2016. Sosialisasi Zona Taman Nasional Kelimutu ditujukan untuk menyebarkan luaskan informasi zona dan kegiatan kegiatan yang dapat dilakukan dikawasan TN Kelimutu serta mensinergikan oleh instansi terkait dan masyarakat sekitar di Taman Nasional Kelimutu.

Disampaikan pula dari Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam (PIKA) yang diwakili oleh Sri Lestari Indriani S.Hut, M.M( Kepala Seksi Penataan KSA TB)  bahwa “Zona pengelolaan Taman Nasional merupakan mandat regulasi dalam pengelolaan kawasan dimana dijadikan sebagai pedoman dan alat startegi konservatif dalam rangka mewujudkan tujuan mandat pengelolaan kawasan konservasi. Dalam pengelolaan kawasan konservasi harus pula melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait karena pengelolaan Taman Nasional perlu dukungan dari semua pihak untuk mencapai pengelolaan kawasan konservasi yang efektfi dan efisien. Untuk itu masyarakat dan instansi terkait harus mengetahui zona Taman Nasional Kelimutu yang telah disusun dan disahkan”

Masyarakat desa dan adat sekitar Taman Nasional Kelimutu menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Sosialisasi Zona Taman Nasional Kelimutu. Mereka siap mendukung pengelolaan Taman Nasional dalam menjaga kelestarian ekosistemnya dan kemajuan pariwisata. Diharapkan dengan tersebarluaskannya Zona Taman Nasional Kelimutu ini dapat membangun kesepahaman berbagai pihak dalam mewujudkan tujuan konservasi dan pengelolan kawasan Taman Nasional Kelimutu untuk kelestarian dan kesejaterahaan masyarakat.

Sumber Info : Direktorat PIKA

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini